Pengaruh Cooperative Reading Groups Terhadap Kemampuan Membaca Siswa SMPN 1 Ngarip Ulubelu
	
	
			
		Abstract
		
		Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan membaca siswa yang belajar membaca melalui kelompok membaca kooperatif dan mendeskripsikan pengaruh Cooperative Reading Groups terhadap kemampuan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan menggunakan dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Dalam teknik pengumpulan data digunakan tes, tes objektif dengan pilihan ganda. Peneliti menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa rasio = 4, 96 dan ttabel 5 persen = 2,00 dan 1 persen = 2,66. Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya kelompok membaca kooperatif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa dan nilai rata-rata siswa yang belajar dengan menggunakan kelompok membaca kooperatif (80,8) lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional (69,2).
		
		
	
			
		Keywords
		
		Cooperative Reading Groups; Kemampuan Membaca; Pengaruh Pembelajaran
		
		
	
				
			
	
			
		References
		
		
						Dewi, K. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Zoom Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada SMK Negeri 1 Amlapura Tahun Pelajaran 2020/2021. LAMPUHYANG, 12(2), 121–136. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/276
						Dewi, R., Ege, B., & Syafruddin, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative, Integrated, Reading, and Composition Berbasis Media Peta Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(2), 31–40. https://doi.org/10.31932/jpbio.v3i2.307
						Kartikawati, S., & Pratama, H. (2017). Pengaruh Penggunaan WhatsApp Messenger Sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. 2(September), 33–38.
						Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667
						Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (SEMIBA), 306–319.
						Rofifah, D. (2020). Implementasi Model Student Teams Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Keterampilan Reading And Writing Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Xii.Ipa.2 Sman 6 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 12–26.
						Royani, I., Mirawati, B., Jannah, H., Biologi, P. P., Mataram, I., & No, J. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 6(November), 46–55.
						Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
					
		
		
	
							
		
		 DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1324
 DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1324	
Article Metrics
 Abstract view : 1012 times
 Abstract view : 1012 times
         PDF (Bahasa Indonesia) : 557 times
                 PDF (Bahasa Indonesia) : 557 times
        
																			
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
					
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
			
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan membaca siswa yang belajar membaca melalui kelompok membaca kooperatif dan mendeskripsikan pengaruh Cooperative Reading Groups terhadap kemampuan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan menggunakan dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Dalam teknik pengumpulan data digunakan tes, tes objektif dengan pilihan ganda. Peneliti menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa rasio = 4, 96 dan ttabel 5 persen = 2,00 dan 1 persen = 2,66. Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya kelompok membaca kooperatif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa dan nilai rata-rata siswa yang belajar dengan menggunakan kelompok membaca kooperatif (80,8) lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional (69,2).
Keywords
References
Dewi, K. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Zoom Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada SMK Negeri 1 Amlapura Tahun Pelajaran 2020/2021. LAMPUHYANG, 12(2), 121–136. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/276
Dewi, R., Ege, B., & Syafruddin, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative, Integrated, Reading, and Composition Berbasis Media Peta Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(2), 31–40. https://doi.org/10.31932/jpbio.v3i2.307
Kartikawati, S., & Pratama, H. (2017). Pengaruh Penggunaan WhatsApp Messenger Sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. 2(September), 33–38.
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667
Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (SEMIBA), 306–319.
Rofifah, D. (2020). Implementasi Model Student Teams Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Keterampilan Reading And Writing Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Xii.Ipa.2 Sman 6 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 12–26.
Royani, I., Mirawati, B., Jannah, H., Biologi, P. P., Mataram, I., & No, J. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 6(November), 46–55.
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4


Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :













 
 





 
 



 Sugiyanto Sugiyanto, Ratna Arum Sari
 Sugiyanto Sugiyanto, Ratna Arum Sari