Pengaruh Cooperative Reading Groups Terhadap Kemampuan Membaca Siswa SMPN 1 Ngarip Ulubelu

Sugiyanto Sugiyanto, Ratna Arum Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan membaca siswa yang belajar membaca melalui kelompok membaca kooperatif dan mendeskripsikan pengaruh Cooperative Reading Groups terhadap kemampuan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan menggunakan dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Dalam teknik pengumpulan data digunakan tes, tes objektif dengan pilihan ganda. Peneliti menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa rasio = 4, 96 dan ttabel 5 persen = 2,00 dan 1 persen = 2,66. Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya kelompok membaca kooperatif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa dan nilai rata-rata siswa yang belajar dengan menggunakan kelompok membaca kooperatif (80,8) lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional (69,2).


Keywords


Cooperative Reading Groups; Kemampuan Membaca; Pengaruh Pembelajaran

References


Dewi, K. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Zoom Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada SMK Negeri 1 Amlapura Tahun Pelajaran 2020/2021. LAMPUHYANG, 12(2), 121–136. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/276

Dewi, R., Ege, B., & Syafruddin, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative, Integrated, Reading, and Composition Berbasis Media Peta Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(2), 31–40. https://doi.org/10.31932/jpbio.v3i2.307

Kartikawati, S., & Pratama, H. (2017). Pengaruh Penggunaan WhatsApp Messenger Sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. 2(September), 33–38.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (SEMIBA), 306–319.

Rofifah, D. (2020). Implementasi Model Student Teams Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Keterampilan Reading And Writing Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Xii.Ipa.2 Sman 6 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 12–26.

Royani, I., Mirawati, B., Jannah, H., Biologi, P. P., Mataram, I., & No, J. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 6(November), 46–55.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1324

Article Metrics

Abstract view : 1012 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 557 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :

CopernicusCopernicusGarudaMorarefDimensions
GSCrossrefROADScilitcitefactor
DRJI: Directory of Research Journals IndexingBASEJournal StoriesJournal Stories