Identifikasi Kerusakan Jalan dan Alternatif Perbaikan Jalan Pada Ruas Jalan Tegineneng – Gunung Sugih Lampung

Noval Rinaldi, Fera Lestari, Galuh Pramita

Abstract


Kondisi jalan ruas Tegineneng – Gunung Sugih sebagai jalan lintas provinsi yang memiliki kondisi dengan tingkat kerusakan yang cukup mengganggu bagi pengendara Dari hasil survey pendahuluan berupa wawancara yang dilakukan kepada pengguna jalan, beberapa mengungkapkan kondisi jalan yang tidak nyaman digunakan dikarenakan adanya kerusakan pada jalan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan dan nilai kondisi perkerasan jalan sehingga dapat menentukan cara perbaikannya. Dalam menentukan jenis kerusakan digunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Penelitian awal terhadap kondisi permukaan jalan tersebut yaitu dengan melakukan survei secara visual dengan cara melihat dan menganalisis kerusakan tersebut berdasarkan jenis dan tingkat kerusakannya untuk digunakan sebagai dasar dalam memberikasn saran perbaikan. Berdasarkan hasil Analisa yang telah dilakukan terdapat kerusakan Cekungan, Lubang, Retak Buaya, Tambalan, Pelepasan Butir, Sungkur, Pengausan Agregat pada jalan ruas Tegineneng - Gunung Sugih sejauh 11 Km. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai total Deduct Value sebesar 69,6 diruas Tegineneng – Gunung Sugih Lampung yang artinya masuk dalam kondisi baik (good). Berdasarkan kerusakan yang terjadi dan mengaju pada Standar Direktorat Jendral Bina Marga 1995 maka saran penanganan yang dapat dilakukan pada jalan ruas Tegineneng - Gunung Sugih diantaranya menggunakan metode perbaikan P2 yaitu Laburan Aspal Setempat, metode perbaikan P5 yaitu Penambalan Lubang, dan metode perbaikan P6 yaitu Perataan.

Keywords


Kerusakan Jalan; Pavement Condition Index (PCI); Pemeliharaan; Perbaikan

References


G. Aptarila, F. Lubis, and A. Saleh, “Analisis Kerusakan Jalan Metode SDI Taluk Kuantan-Batas Provinsi Sumatera Barat,” Siklus J. Tek. Sipil, vol. 6, no. 2, pp. 195–203, 2020.

D. A. Rivaldy, A. Sasmito, and T. Handoyo, “Rancang Bangun Sistem Anti Overloading Pada Kendaraan Barang Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Sensor Jarak,” J. Keselam. Transp. Jalan (Indonesian J. Road Safety), vol. 7, no. 2, pp. 94–104, 2020.

B. Susetyo and R. Ravico, “Kota Lubuklinggau Dalam Kurun Waktu 1825-1948,” Criksetra J. Pendidik. Sej., vol. 10, no. 1, pp. 14–29, 2021.

F. R. Yamali, E. Handayani, and E. E. Sirait, “Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode Pci (Pavement Condition Index),” J. Talent. Sipil, vol. 3, no. 1, pp. 47–50, 2020.

M. A. Rahman, H. Arifin, and B. O. Sowolino, “Perbandingan Metode International Roughness Index Dengan Pavement Condition Index Untuk Penentuan Kondisi Jalan Nasional di Kota Wamena (Studi Kasus: Ruas Jalan Wamena–Habema),” Rang Tek. J., vol. 5, no. 1, pp. 1–7, 2022.

A. D. Limantara, S. Winarto, and S. W. Mudjanarko, “Sistem Pakar Pemilihan Model Perbaikan Perkerasan Lenturberdasarkan Indeks Kondisi Perkerasan (Pci),” Semin. Nas. dan Teknol. Fak. Tek. Universtas Muhammadiyah Surakarta, no. November, pp. 1–2, 2017.

H. Mubarak, “Analisa Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index ( Pci ) Studi Kasus : Jalan Soekarno Hatta Sta . 11 + 150,” J. Saintis, vol. 16, no. 1, pp. 94–109, 2016.

S. N. Ahmad, M. T. Azikin, A. S. Sukri, and R. Balaka, “Aplikasi Metode PCI (Pavement Condition Index) Dalam Mengukur Tingkat Kerusakan Jalan dan Pengaruhnya Terhadap Kecepatan Kendaraan,” REKONSTRUKSI TADULAKO Civ. Eng. J. Res. Dev., pp. 17–22, 2020.

Y. Ramli, M. Isya, and S. M. Saleh, “Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) (Studi Kasus Ruas Jalan Beureunuen – Batas Keumala),” J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 3, pp. 761–768, 2018, doi: 10.24815/jts.v1i3.10037.

R. L. Jannah, H. Yermadona, and S. Dewi, “Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metoda Bina Marga Dan Pavement Condition Index (PCI)(Studi kasus: Jl. Lintas Sumatera Km 203-213),” Ensiklopedia Res. Community Serv. Rev., vol. 1, no. 2, pp. 114–122, 2022.

T. Triyanto, S. Syaiful, and R. Rulhendri, “Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Ruas Jalan Tegar Beriman Kabupaten Bogor,” ASTONJADRO: CEAESJ, vol. 8, no. 2, pp. 70–79, 2020.

S. Syaiful and L. Lasmana, “A Study on Level of Railway Road Damage with Sustainable PCI Method,” ARPN J. Eng. Appl. Sci., vol. 15, no. 8, pp. 962–968, 2020.

R. Gogoi and B. Dutta, “Maintenance prioritization of interlocking concrete block pavement using fuzzy logic,” Int. J. Pavement Res. Technol., vol. 13, no. 2, pp. 168–175, 2020.

N. Nagu, E. R. Ahadian, L. A. Latif, and H. Fabanyo, “Performance Study of Regional Water Supply Company of Ternate City, North Maluku,” in Journal of Physics: Conference Series, 2021, vol. 1899, no. 1, p. 12072.

N. M. Sianturi, V. E. Purba, and S. Rufius, “Kajian Kerusakan Pada Penanganan Ruas Jalan (Studi Kasus Di Jalan Parapat Km. 4, 5 Pematagsiantar, Sumatera Utara),” J. Santeksipil, vol. 1, no. 2, 2020.

A. Arthono and V. A. Permana, “Perencanaan Perkerasan Lentur Jalan Raya Menggunakan Metode Analisa Komponen SNI 1732-1989-F Ruas Jalan Raya Mulya Sari Kecamatan Pamanukan Sampai Kecamatan Binong Kabupaten Subang Propinsi Jawa Barat,” J. Komposit, vol. 6, no. 1, pp. 41–51, 2022.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v7i1.1561

Article Metrics

Abstract view : 366 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 568 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License