Perbandingan Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index dan Metode Bina Marga) (Studi Kasus Ruas Jalan Laksamana R.E. Martadinata – Bandar Lampung)

Oki Endrata Wijaya, Farida Juwita

Abstract


Jalan merupakan prasarana dalam mendukung laju perekonomian serta berperan sangat besar dalam kemajuan dan
perkembangan suatu daerah. Dengan pertumbuhan lalu lintas yang semakin cepat, maka harus diimbangi pula
dengan peningkatan sarana transportasi yang memadai sehingga ruas jalan tidak menimbulkan hambatan dan
kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kondisi perkerasan jalan berdasarkan Metode Pavement
Condition Index dan Metode Bina Marga serta membandingkan kedua metode tersebut. Berdasarkan hasil analisis
kondisi perkerasan jalan dengan Metode Pavement Condition Index menunjukkan bahwa kerusakan yang terjadi
yaitu retak buaya (alligator cracks), retak tepi (edge cracks), pengausan agregat (polished aggregate) dan Lubang
(potholes) dengan nilai PCI keseluruhan adalah 94,25 sempurna (excellent). Sedangkan hasil analisis kondisi
perkerasan jalan dengan Metode Bina Marga menunjukkan bahwa kerusakan yang terjadi yaitu lubang dan retak
dengan nilai Bina Marga keseluruhan adalah 0,36 baik (good). Pada metode PCI mendapatkan nilai sempurna
(excellent) yang beraarti belum perlu adanya perbaikan. Sedangkan pada metode Bina Marga mendapatkan nilai
baik (good) dan masuk dalam program pemeliharaan rutin.


Keywords


Metode Pavement Condition Index, Metode Bina Marga, Nilai Kondisi Perkerasan.

References


Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan.

SK No. 77 / Kpts / Db / 1990 Petunjuk Teknis Perencanaan Dan Penyusunan Program Jalan Kabupaten Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum.

Departemen Pekerjaan Umum., 1983, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Kota No. 03/MN/B/1983, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Shahin, M. Y., 1994, Pavement Management for Airpor, Road, and Parking Lots, Chapman & Hall, New York. Sukirman, S., 1999, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Badan Penerbit Nova, Bandung.

Departemen Pekerjaan Umum. (1995). Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Propinsi, No:002/T/Bt/1995 Jilid II. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga.

Daryoto.,(2015). “Studi Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Dengan Menggunakan Metode Bina Marga, (Studi Kasus Ruas Jalan Harapan Jaya Kota Pontianak)”.

M. Thahir Azikin.,(2018). “Analisa Teknis Perbaikan Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Haluoleo Kendari”.

Sukirman, S, 1995, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v5i2.1083

Article Metrics

Abstract view : 571 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 570 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License