KONSEP DIGITAL MARKETING BERBASIS SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DALAM STRATEGI PEMASARAN

Bustanol Arifin, Ahmad Hudalil, Ahiruddin Ahiruddin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep digital marketing berbasis seo (search engine optimization) dalam strategi pemasaran. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik  pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan.  Digital marketing merupakan cara baru untuk meningkatkan pertumbuhan pelanggan salah satunya adalah menggunakan teknik SEO. SEO terdapat dua faktor dalam mengoptimasi website menggunkan SEO, yaitu on page dan off page optimization. Penggunan SEO dilakukan untuk meningkatkan posisi website sehingga berdampak pada traffic kunjungan dan penjualan produk/jasa.


Keywords


Digital Marketing; SEO; Strategi Pemasaran

References


Bughin, J. 2015. Brand success in an era of digital Darwinism. February: Mckinsey Quarterly

Cetină. J, Cristiana. M, Rădulescu. V 2012, Psychological and Social Factors that Influence Online Consumer Behavio. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol 62, Page 184-188

Chaffey. D 2013, Definitions of E-marketing vs Internet vs Digital marketing, https://www.smartinsights.com/digital-marketing-strategy/online-marketing-mix/definitions-of-emarketing-vs-internet-vs-digital-marketing/, Diakses pada tanggal 1 November 2019 Pukul 18.20 WIB

Kannan, P. K., & Hongshuang, L. 2016. Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. Elsevier, vol. 34(1), pages 22-45. International Journal of Research in Marketing

Song, YB 2001, Proof That Online Advertising Works, Atlas Institute, Seattle, WA, Digital Marketing Insight.

Pepelnjak, J Chandler. 2008 , Measuring ROI beyond the last ad, Atlas Institute, Digital Marketing Insight,

Permana, Silvester Dian Handy & Ketut Bayu Yogha Bintoro. 2019. Analisis Hasil Improvisasi SEO dengan Metode Hybrid Modified MCDM untuk Peningkatan Peringkat Dan Trafik Kunjungan Website UMKM.jurnal SISFOKOM Vol 8 No 1, Hal 85-91. LPPM STMIK Atma Luhur

Wardhana, Aditya. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. https://www.academia.edu/ 17287897/STRATEGI_ DIGITAL_ MARKETING_DAN_IMPLIKASINYA_PADA_KEUNGGULAN_BERSAING_ UKM_DI_INDONESIA. Diakses pada tanggal 1 November 2019 Pukul 18.20 WIB




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v4i2.474

Article Metrics

Abstract view : 6936 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 632 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bustanol Arifin, Abdurohman Muzakki, Moh Wahyu Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License