PENGARUH PROMOSI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. KARYA NIAGA DI BANDAR LAMPUNG
Abstract
PT. Karya Niaga di Bandar Lampung adalah perusahaan perdagangan lampu philips, dihadapkan pada masalah persaingan dalam pemasarannya dengan usaha sejenisnya. Oleh karena itu harus mendapatkan perhatian dan diberikan informasi atau promosi mengenai perkembangan produk harga maupun mutu dan pelayanannya, sehingga diharapkan efektivitas kerja karyawan yang tinggi dalam penjualan menjadi stabil bahkan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap efektivitas kerja karyawan pada PT. Karya Niaga di Bandar Lampung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: “Ada Pengaruh Promosi Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan Pada PT. Karya Niaga di Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel deret waktu (n = 10). Metode penelitian yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis diperoleh persamaan bahwa : Y = -50,51 + 22,37 X, berarti r = + 1 atau mendekati + 1, mengartikan bahwa, apabila anggaran promosi dinaikan atau dikurangi 1%, maka nilai efektivitas kerja karyawan akan bertambah atau berkurang sebesar 22,37 % sedangkan bila anggran promosi tetap, maka nilai efektivitas kerja karyawan akan berkurang sebesar Rp. 50.510.000,-. Sehingga terbukti ada pengaruh promosi yang positif terhadap efektivitas kerja karyawan pada PT. Karya Niaga di Bandar Lampung. Hasil pengujian menggunakan rumus t student, menunjukkan bahwa t hitung 19,85 lebih besar dari t tabel 2,828, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan: “ada pengaruh promosi terhadap efektivitas kerja karyawan pada PT. Karya Niaga di Bandar Lampung, diterima.
Keywords
Promosi; Efektivitas Kerja Karyawan
References
Arikunto Suharsimi, 2011. Prosedur Penelitian. Penerbit Bina Aksara.
Jakarta.
DH Basu Swastha, 2014. Manajemen Pemasaran. Mandar Maju.
Bandung.
John Schemerhon, 2014. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2015. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.
Kotler Philips, 2012. Manajemen Pemasaran. Penerbit. PT. Erlangga. Jakarta.
Prawiraatmaja Rahman, 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE -
UGM.Yokyakarta.
Subagyo, 2011. Teori dan Aplikasi. Radja Grafindo Persada. Jakarta.
Sudjana, 2012. Teori dan Praktek Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta
Supranto J, 2012. Metodologi Penelitian dan Riset. PT. Ghalia Indonesia. Jakarta
DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v4i1.447
Article Metrics
Abstract view : 1315 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 210 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Nuzleha Nuzleha, Yuliana Yamin, Novalia Novalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Arikunto Suharsimi, 2011. Prosedur Penelitian. Penerbit Bina Aksara.
Jakarta.
DH Basu Swastha, 2014. Manajemen Pemasaran. Mandar Maju.
Bandung.
John Schemerhon, 2014. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2015. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.
Kotler Philips, 2012. Manajemen Pemasaran. Penerbit. PT. Erlangga. Jakarta.
Prawiraatmaja Rahman, 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE -
UGM.Yokyakarta.
Subagyo, 2011. Teori dan Aplikasi. Radja Grafindo Persada. Jakarta.
Sudjana, 2012. Teori dan Praktek Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta
Supranto J, 2012. Metodologi Penelitian dan Riset. PT. Ghalia Indonesia. Jakarta
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License