ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA RICE BOWL BY MAKAN.YUK BANDAR LAMPUNG

Dora Rinova

Abstract


Usaha Rice Bowl by Makan.yuk adalah usaha kuliner yakni makanan instan, usaha ini baru dirintis pada tahun 2020. Karena masih terbilang baru, maka belum banyak yang mengetahui usaha ini. Terlebih lagi, banyak pesaing pada usaha yang sama dan sudah memiliki nama besar. Tujuan daripada penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui apakah strategi bersaing yang tepat dapat meningkatkan penjualan pada usaha Rice Bowl by Makan.yuk. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan strategi bersaing yang tepat untuk digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan diferensiasi produk dan dengan menambahkan varian menu yang baru. Lalu strategi bersaing lainnya yang dapat diterapkan adalah dengan meningkatkan mutu pelayanan kepada konsumen dan juga dengan melakukan pengamatan terhadap tren makanan cepat saji yang kian hari kian berkembang guna memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen yang terus berubah-ubah.


Keywords


strategi, strategi bersaing, penjualan, analisis SWOT

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24967/jshs.v6i1.1378

Article Metrics

Abstract view : 883 times
PDF : 3879 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Sosial dan Humanis Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License