ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA RICE BOWL BY MAKAN.YUK BANDAR LAMPUNG
Abstract
Usaha Rice Bowl by Makan.yuk adalah usaha kuliner yakni makanan instan, usaha ini baru dirintis pada tahun 2020. Karena masih terbilang baru, maka belum banyak yang mengetahui usaha ini. Terlebih lagi, banyak pesaing pada usaha yang sama dan sudah memiliki nama besar. Tujuan daripada penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui apakah strategi bersaing yang tepat dapat meningkatkan penjualan pada usaha Rice Bowl by Makan.yuk. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan strategi bersaing yang tepat untuk digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan diferensiasi produk dan dengan menambahkan varian menu yang baru. Lalu strategi bersaing lainnya yang dapat diterapkan adalah dengan meningkatkan mutu pelayanan kepada konsumen dan juga dengan melakukan pengamatan terhadap tren makanan cepat saji yang kian hari kian berkembang guna memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen yang terus berubah-ubah.
Keywords
strategi, strategi bersaing, penjualan, analisis SWOT
Full Text:
PDF
DOI: https://doi.org/10.24967/jshs.v6i1.1378
Article Metrics
Abstract view : 883 times
PDF : 3879 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Usaha Rice Bowl by Makan.yuk adalah usaha kuliner yakni makanan instan, usaha ini baru dirintis pada tahun 2020. Karena masih terbilang baru, maka belum banyak yang mengetahui usaha ini. Terlebih lagi, banyak pesaing pada usaha yang sama dan sudah memiliki nama besar. Tujuan daripada penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui apakah strategi bersaing yang tepat dapat meningkatkan penjualan pada usaha Rice Bowl by Makan.yuk. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan strategi bersaing yang tepat untuk digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan diferensiasi produk dan dengan menambahkan varian menu yang baru. Lalu strategi bersaing lainnya yang dapat diterapkan adalah dengan meningkatkan mutu pelayanan kepada konsumen dan juga dengan melakukan pengamatan terhadap tren makanan cepat saji yang kian hari kian berkembang guna memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen yang terus berubah-ubah.
Keywords
Full Text:
PDF
Jurnal Sosial dan Humanis Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License