Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Yessi Nursela DM Utama, Yessi Nursela DM Utama, Kuswarak Kuswarak, Abdul Naser

Abstract


Pada umumnya perguruan tinggi swasta mengalami kesulitan dalam memonitor, memahami dan menganalisis perilaku mahasiswa secara tepat dan benar, mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi perilaku untuk masing-masing individu calon mahasiswa. Oleh karena itu setiap perguruan tinggi swasta dalam mencapai tujuan yaitu mendapatkan mahasiswa, tidak terlepas dari tujuh elemen marketing mix, sehingga penelitian yang dapat dilakukan menggunakan indikator dari marketing mix.Masalah yang dihadapi adalah jumlah calon mahasiswa yang mendaftar pada Fakultas EkonomiUniversitas Sang Bumi Ruwa Jurai yang fluktuatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Marketing mix berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Juraiâ€.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Saburai Ruwa Jurai Bandar Lampung yang berjumlah 837 mahasiswa, dengan teknik accidental sampling, didapat sampel sebanyak 84 mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa Marketing mix berpengaruh terhadapkeputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai dijelaskan dengan nilai t hitung marketing mix sebesar 22.005 dan nilai t tabel sebesar 1.663. Nilai koefisien determinasi sebesar 85,5 persen. sehingga dapat dijelaskan bahwa keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai dipengaruhi sebesar 85,5% oleh variabel marketing mix dan sisanya sebesar 14,5 persen dijelaskan atau dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diindentifikasi dalam penelitian ini.

 


References


Aaker David A. 2007. Manajemen Ekuitas Merek. Alih Bahasa Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

Antonio. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Assuari, Sofyan. 2012.Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Biel, Alexander. 2012.Brand Equity and Advertising: Advertising Role in Building Strong Brand.Jakarta: Mitra Utama.

Dobni & Zinkhan. 2010.In search of Brand Image. Advances in Consumer Research: Provo.

Griffin, Jill. 2007. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Irawan dan Basu Swasta. 2013.Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta: Liberty.

Keller, Kevin Lane. 2014. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brad Equity, 2th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler dan Amstrong. 2012. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ratih, Hurriyati. 2014. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarni dan Soeprihanto. 2012.Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Kencana Prenanda Media.

Supranto dan Nandan. 2007. Power Branding, Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: PT Mitra.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v3i01.567

Article Metrics

Abstract view : 421 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License