ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MEINGKATKAN PENJUALAN MOTOR MERK YAMAHA MIO M3 125 PADA PT . BAHANA PAGAR ALAM BANDAR LAMPUNG
Abstract
Objek penelitian ini adalah PT Bahana Cahaya Sejati cabang Lampung Jl. Z.A Pagar Alam No. 111 Rajabasa Kota Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan di lokasi lingkungan kantor PT Bahana Pagar Alam. Penelitian ini melibatkan kepala marketing dan seluruh karyawan PT Bahana Pagar Alam. Dipilihnya lokasi ini sebagai tempat penelitian karena terdapat suatu masalah penurunan penjualan pada produk PT. Bahana Pagar Alam. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability purposive sampling. Non probability purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel berdasarkan dengan suatu pertimbangan tertentu dengan cara menentukan terlebih dahulu kriteria responden. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 10 karyawan yang terdaftar di perusahaan tersebut dan 10 konsumen yang membeli kendaraan di perusahaan tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan dalam Matrik IE (internal - eksternal), PT. Bahana Pagar Alam terletak pada sel 2, yaitu dengan memiliki faktor eksternal yang tinggi dan faktor internal yang sedang. Sedangkan berdasarkan hasil dari analisis SWOT strategi yang cocok untuk meningkatkan penjualan produk Yamaha “Mio M3 125” adalah strategi SO dan WO.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)
References
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Santon, William J. 1993. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Siagian, P Sondang. 1999. Manajemen Stratejik, Bandung: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Supariyani, Emmy. 2004. Pengaruh Biaya Pelaksanaan Promosi Melalui Pameran terhadap Tingkat Volume Penjualan pada PT Astra Internasional Tbk Isuzu Cabang Bogor. Jurnal Ilmiah Ranggagading Vol. 4, No. 1, April 2004. Pp. 69-74.
Zeithaml, Valarie Bitner. (2000). Service Marketing 2nd edition. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v2i02.537
Article Metrics
Abstract view : 514 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 640 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Objek penelitian ini adalah PT Bahana Cahaya Sejati cabang Lampung Jl. Z.A Pagar Alam No. 111 Rajabasa Kota Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan di lokasi lingkungan kantor PT Bahana Pagar Alam. Penelitian ini melibatkan kepala marketing dan seluruh karyawan PT Bahana Pagar Alam. Dipilihnya lokasi ini sebagai tempat penelitian karena terdapat suatu masalah penurunan penjualan pada produk PT. Bahana Pagar Alam. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability purposive sampling. Non probability purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel berdasarkan dengan suatu pertimbangan tertentu dengan cara menentukan terlebih dahulu kriteria responden. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 10 karyawan yang terdaftar di perusahaan tersebut dan 10 konsumen yang membeli kendaraan di perusahaan tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan dalam Matrik IE (internal - eksternal), PT. Bahana Pagar Alam terletak pada sel 2, yaitu dengan memiliki faktor eksternal yang tinggi dan faktor internal yang sedang. Sedangkan berdasarkan hasil dari analisis SWOT strategi yang cocok untuk meningkatkan penjualan produk Yamaha “Mio M3 125” adalah strategi SO dan WO.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Santon, William J. 1993. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Siagian, P Sondang. 1999. Manajemen Stratejik, Bandung: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Supariyani, Emmy. 2004. Pengaruh Biaya Pelaksanaan Promosi Melalui Pameran terhadap Tingkat Volume Penjualan pada PT Astra Internasional Tbk Isuzu Cabang Bogor. Jurnal Ilmiah Ranggagading Vol. 4, No. 1, April 2004. Pp. 69-74.
Zeithaml, Valarie Bitner. (2000). Service Marketing 2nd edition. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License