ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTORAN FOOD FESTIVAL DI BANDAR LAMPUNG
Abstract
Dampak positif dari pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan serta keinginan untuk melakukan pembelian kembali re-buying, yang tentunya akan meningkatkan pendapatan yang diterima dari produk yang telah terjual. Kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Kualitas pelayanan yang diberikan pegawai restoran food festival kurang memuaskan hal ini terlihat dari data keluhan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Restoran Food Festival Bandar Lampung. Metode analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Analisis kualitatif dan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen di restoran Food Festival yang berjumlah 100 orang responden. Hasil penelitian nilai signifikan 4,673 lebih dari 1,661 dari hasil tersebut, maka kualitas pelayanan (X) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Y pada Restoran Food Festival di Bandar Lampung.
References
Fandy Tjiptono. 2005. Pemasaran Jasa, Edisi pertama. Malang: Bayu Media Publishing.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, Sutrisno. 2005. Metodologi Research. Yogyakarta: Penerbit Andi.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v1i01.494
Article Metrics
Abstract view : 427 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 162 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Dampak positif dari pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan serta keinginan untuk melakukan pembelian kembali re-buying, yang tentunya akan meningkatkan pendapatan yang diterima dari produk yang telah terjual. Kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Kualitas pelayanan yang diberikan pegawai restoran food festival kurang memuaskan hal ini terlihat dari data keluhan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Restoran Food Festival Bandar Lampung. Metode analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Analisis kualitatif dan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen di restoran Food Festival yang berjumlah 100 orang responden. Hasil penelitian nilai signifikan 4,673 lebih dari 1,661 dari hasil tersebut, maka kualitas pelayanan (X) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Y pada Restoran Food Festival di Bandar Lampung.
References
Fandy Tjiptono. 2005. Pemasaran Jasa, Edisi pertama. Malang: Bayu Media Publishing.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, Sutrisno. 2005. Metodologi Research. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.