Analisis Korelasi Kompetensi Dengan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah Vi Bandar Lampung)

Novalia Novalia, Maria Elina

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi kompetensi dengan kinerja Pegawai dengan studi kasus pada balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah VI Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah quisioner. sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 34 pegawai Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah VI Bandar Lampung. Hasil pengujian hipotesis hubungan kompetensi dengan kinerja menunjukan bahwa nilai rhit adalah sebesar 0,546 maka rhit lebih besar dari nol, artinya Ada hubungan antara kompetensi dengan kinerja pegawai Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah VI Bandar Lampung. Derajat keeratan hubungan kompetensi dengan kinerja cukup tinggi” diuji dengan cara mengkonsultasikan nilai rhit ke dalam kriteria uji. Karena harga rxy adalah sebesar 0. 546 maka rxy dalam kriteria uji termasuk dalam kategori hubungan sedang dengan interval antara 0,41 sampai 0,60.

Keywords


Kompetensi; Kinerja; Pegawai

References


Hutapea, Parulian, dan Nurianna Thoha. 2012. Kompetensi Plus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ahiruddin. 2020. Hubungan Lingkungan Kerja Dengan Kinerja Pegawai Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Propinsi Lampung, Jurnal Manajemen Mandiri Saburai(JMMS)

Jumingan. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2012. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Reflika Aditama.

Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Pasolong, Harbani. 2013. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung. Bandung: Alfabeta.

Prihadi, Syaeful F. 2004. Assessment Centre, Identifikasi, Pengukuran dan Pengembangan Kompetensi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sinambela, Lijan Poltan. 2012. Kinerja Pegawai Teori Pengukurandan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sriwidodo, Untung-. 2010. “Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Komunikasi Dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan.” Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia 4 (1).

Sudarmanto. 2014. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Triwiyatno, Aris. 2011. Buku Ajar Sistem Kontrol Analog. Semarang: UNDIP.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v6i1.1673

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License