Analisis Optimalisasi Sarana Dan Prasarana Bidang Keuangan Satker Itwasda Polda Lampung Terhadap Peningkatan Pelayanan Satker

Nuzleha Nuzleha, Iwan Zulfikar, Eka Suryanti

Abstract


Tujuan penelitian ini agar dapat dideskripsikan optimalisasi sarana dan prasarana, dapat diketahui pula kemampuan yang dimiliki personel SATKER ITWASDA POLDA Lampung guna meningkatkan kualitas pelayanan SATKER. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dan sejumlah data yang diambil berasal dari sampel pada anggota personel bidang keuangan SATKER ITWASDA POLDA Lampung yang berlangsung pada Tahun 2017 / 2018 dan Tahun 2018/ 2019. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dari penelitian ini berjumlah 37 Personel ITWASDA POLDA. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana bidang keuangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan SATKER, sehingga berimplikasi pada kuantitas karena institusi Polri harus mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik sesuai ekspektasi masyarakat yang selalu berubah mengikuti perkembangan lingkungan sosial kemasyarakatan yang bergerak sangat cepat. Hal inilah yang menjadi hambatan personel SATKER ITWASDA POLDA Lampung dalam membentuk insan Polri yang Profesional, Modern, dan Terpercaya, menjadi kebanggaan masyarakat, karena dapat memaksimalkan personelnya guna keprofesionalan (profesionalisme) setiap petugas / anggota penyelenggara pelayanan publik (dalam hal ini Polri).


Keywords


optimalisasi; sarana dan prasarana; kualitas pelayanan

References


Fikri, S., Wiyani, W., & Suwandaru, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 15.

Hasibuan, S. P. M. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Megasari, R. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran Di Smpn 5 Bukittinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2 No. 1, 13.

Ristiani, I. Y. (2017). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien. 12.

Rodin, R. (2019). Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Aliyah (Studi Kasus Di Perpustakaan Man 2 Palembang). Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 125. Https://Doi.Org/10.29240/Tik.V3i2. 1005

Ulandari, S., & Yudawati, S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana Dan Lingkungan Terhadap Kepuasan Pasien. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 7(2), 39. Https://Doi.Org/10.33366/Jc.V7i2.1 087

Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jne Cabang Bandung Januar Efendi Panjaitan. Derema Jurnal Manajemen, 11 No. 2(2), 25.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v4i4.1063

Article Metrics

Abstract view : 404 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


 

 

Flag Counter 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter