MENEROPONG AKSESIBILITAS PEMILU 2024 BAGI PENYANDANG TUNA AKSARA DI INDONESIA

Ahmad Afandi, Udiyo Basuki, Kamal Fahmi Kurnia

Abstract


Pemilu merupakan ujung tombak demokrasi, yang mentransformasikan suara rakyat menjadi kursi. Dengan pemilu rakyat dapat memilih siapa yang akan menjadi pemimpin ataupun wakilnya dalam kursi parlemen. Sudah seharusnya rakyat sebagai pemegang demokrasi diberi kemudahan dalam menggunakan hak suaranya. Namun pada ptaktiknya masih terdapat problem tidak aksesibelnya surat suara bagi pemilih penyandang tuna aksara. Diketahui, surat suara DPR dan DPRD yang ada hanya mencantumkan nomor dan logo partai serta nama calon tanpa disertai adanya foto calon. Penelitian ini memaparkan problem yang dihadapi oleh pemilih penyandang tuna aksara berkaitan dengan desain surat suara pemilihan DPR/DPRD dalam pemilihan umum serentak 2019, upaya yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mengakomodir hak-hak pemilih penyandang tuna aksara serta efektifitas solusi yang diberikan oleh KPU. Walhasil, penelitian ini juga dapat digunakan sebagai teropong penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2024 mendatang, yang diharapkan dapat menjadi pemilihan umum yang lebih baik lagi.


Keywords


hak politik, tuna aksara, pemilu 2024

Full Text:

PDF

References


Afandi, Ahmad, “Problematika Desain Surat Suara Pemilihan Umum DPR/DPRD Tahun 2019 bagi Penyandang Tuna Aksara di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”. Skripsi Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Anaessaburi, Ahmad Tosirin, “Pelaksanaan Pemberian Kesempatan Kerja bagi Penyandang Disabilitas Netra di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Skripsi Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Badan Pusat Statistik Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Angka (Daerah Istimewa Yogyakarta in Figures) 2019. Yogyakarta: Badan Pusat Statistik Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 2019. Basuki, Udiyo, “HAM, Islam dan Konstitusi: Mengkaji Nilai-nilai Hak Asasi Manusia Islam dalam UUD 1945”, dalam Tanjungpura Law Journal Vol. 2, Issue 1, Januari 2018. Basuki, Udiyo, “Konstitusionalisme HAM Indonesia: Dinamika Pengaturan HAM Indonesia Pasca-Amandemen UUD 1945”, dalam Jurnal Supremasi Hukum Vol. 1, No. 2, Desember 2012. Basuki, Udiyo, “Parpol, Pemilu dan Demokrasi: Dinamika Partai Politik dalam Sistem Pemilihan Umum di Indonesia Perspektif Demokrasi”, dalam Jurnal Kosmik Hukum Vol. 20, No. 2, Juni 2020. Basuki, Udiyo, “Perlindungan Hak Asasi Manusia di Indonesia (Ulasan terhadap Beberapa Ketentuan UUD 1945)”, dalam Jurnal Asy-Syir’ah No. 8 Tahun 2001. Kansil, C.S.T., Hukum Tata Pemerintahan Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985. Lubis, Todung Mulya, In Search of Human Rightlegal-Political Dilemmas of Indonesia’s New Order 1966-1990. Jakarta: Gramedia, 1993. Marzuki, Suparman, Politik Hukum Hak Asasi Manusia. Jakarta: Erlangga, 2014. Pamungkas, Sigit, Perihal Pemilu, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Laboratorium Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Jurusan Ilmu Pemerintahan UGM, 2009. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008. Reefani, Nur Kholis, Panduan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Imperium, 2013. Wignjosoebroto, Soetandyo, Hak Asasi Manusia Konsep Dasar dan Perkembangan Pengertiannya dari Masa ke Masa. Jakarta: ELSAM, 2007. Zain, Faizi dan Udiyo Basuki, “Problematika Pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilu di Era Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum”, dalam Jurnal Wacana Hukum Vol. 25, No. 1, Desember 2019. Sumber-sumber Lain Edward Febriyatri Kusuma, Kemdikbud: Tuna Aksara di Indonesia sekitar 5,6 Juta Orang https://news.detik.com/berita/d-3325897/kemdikbud-tuna-aksara-di-indonesia-sekitar-56-juta-orang diakses pada tanggal 30 Juli 2022. Indonesia Student, Dua Pengertian Tuna Aksara menurut Para Ahli, https://www.Indonesiastudents.com/pengertian-tuna-aksara-dan-pemberantasan-tuna-aksara/ diakses pada tanggal 30 Juli 2022. Pengertian Melek Aksara menurut Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO) https://id.m.wikipedia.org/wiki/Melek_aksara diakses pada tanggal 30 Juli 2022.




DOI: https://doi.org/10.24967/jcs.v7i2.1983

Article Metrics

Abstract view : 466 times
PDF : 249 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Afandi, Udiyo Basuki,

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by :

GS    Garuda    GS    ISSN

Dimensions    Journal Stories

Creative Commons License
Justicia Sains : Jurnal Ilmu Hukum is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

hit counter View My Stats