PELATIHAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN ELEARNING PADA SDN 41 PALEMBANG

Asti Gumartifa, Indah Windra Dwie Agustiani, Bengawan Alfarezi

Abstract


Ilmu adalah hal penting dalam meningkatkan mutu kecerdasan bagi setiap guru maupun murid. Hal itu tidak dapat dipisahkan dengan ICT (Internet, Computer, Teknologi) yang selalu berkembang dengan zaman. Dalam kegiatan pembelajaran untuk memperoleh ilmu setiap guru dan murid harus mampu meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran dengan menggunakan teknologi secara optimal. Salah satu teknologi pembelajaran yang harus di terapkan dalam pembelajaran saat ini adalah dengan menggunakan E-learning. Salah satu contoh pembelajaran dengan menggunakan E-learning adalah Google Classroom. Metode pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom memiliki banyak sisi positif. Sesuai dengan peraturan pemerintah pada masa Pandemi Corona saat ini untuk menghimbau guru tetap melaksanakan pembelajaran tetap secara aktif dengan melaksanakan pembelajaran melalui Google Classroom. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan kepada guru-guru SDN. 40 untuk dapat mengoptimalkan pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom. Pada pelaksanaan pengabdian masyarakat tersebut menggunakan metode teori dan praktik. Hasil dari kegiatan pelatihan pada pengabdian tersebut adalah dapat memperkenalkan pengajaran yang efektif dan optimal secara daring. Sehingga guru dapat menoptimalkan penggunaaan Google Classroom secara mandiri. Pada akhirnya guru-guru dapat melakukan pengajaran dengan memberikan materi, tugas, kuis, menentukan nilai siswa dan menjadwalkan setiap kegiatan pembelajaran dengan fleksibel dan mandiri.


Keywords


google classroom; e-learning, ICT; pelatihan; pembelajaran

References


Belmawa. (2019). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri

,0. Jakarta: Direktorat Belmawa, Kemenristekdikti.

Banados, E.(2006). A blended-learning pedagogical model for teaching and learning

EFL successfully through an online interactive multimedia environment. CALICO

Journal 23/3. pp. 533-550.

GIHE. (2010). Getting Started with Blended Learning. Griffith: Griffith University

Bell, K. (2015). The Teacher’s Guide to Google Classroom. Texas: Shake Up Learnig,

LLC

Savitri, D. I. (2019). Penggunaan pembelajaran 4.0 berbantuan aplikasi google classroom

dan google form dalam mata kuliah ilmu sosial budaya dasar. Jurnal Borneo Saintek,

(1), 20–25.

Megahantara, G.S. (2017). Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di abad 21.

Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Efendi, Y., & Utami, N. (2019). Pengukuran efektifitas pembelajaran menggunakan

media e-learning google classroom (SMK Sulthan Muazzamsyah Pekanbaru).

In Prosiding Seminar Nasional Computation Technology and its Aplication, 1,

–27.




DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.860

Article Metrics

Abstract view : 798 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 249 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.