PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN : STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE DI MASA COVID- 19 MELALUI SOSIAL MEDIA BAGI UMKM DI KABUPATEN LAHAT

Angga Wibowo Gultom, Dyah Ayu Putriani

Abstract


Masa pandemi covid-19 membuat pemerintah melakukan banyak pembatasan interaksi dan kegiatan sosial masyarakat yang berakibat menurunnya transaksi penjualan secara offline bagi UMKM. Sangat penting bagi UMKM untuk segera beralih dan menyediakan akses pelayanan penjualan melalui sistem online melalui sosial media agar dapat kembali menjangkau konsumen dan meningkatkan penjualan. UMKM di wilayah lahat termasuk UMKM yang sangat membutuhkan pelatihan penjualan online melalui sosial media, mengingat Kabupaten Lahat termasuk dalam kategori merah penyebaran covid-19 yang berarti pembatasan interaksisosial secara offline dilakukan. Pelatihan kewirausahaan ini dilakukan dengan metode presentasi, tatap muka, diskusi, serta praktek pembuatan dan optimasi sosial media. Hasil dari pelatihan ini seluruh pelaku UMKM dikabupaten Lahat memiliki akun dan mampu mengoptimasi sosial media yang mereka miliki untuk melakukan transaksi online dan meningkatkan penjualan di masa pandemi covid-19.


Keywords


Kewirausahaan; Covid-19; penjualan; online; UMKM

References


Achmad, Z. A., & Setiyanti, O. W. (2015). The Effectiveness of Use of Soundcloud

Application for Promoting Pop Punk Songs and Music. Bali International Seminar on

Science and Technology.

Gunelius, S. (2013). Can Small Businesses Really Afford Celebrity Endorsements? Forbes.

Helmalia, h., & afrinawati, a. (2018). Pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan

usaha mikro kecil dan menengah di kota padang. Jebi (jurnal ekonomi dan bisnis islam).

Https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182

Purbohastuti, a. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa

Ekonomika. https://doi.org/10.35448/jte.v12i2.4456Tutiasri, R. P., Febriyanti, S. N., Huzain, A. F., & Nugroho, A. S. (2020). Creative Marketing

Strategies of Sembung Batik. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200325.030

Wicaksono, G., & Nuvriasari, A. (2012). Meningkatkan Kinerja UMKM Industri Kreatif

Melalui Pengembangan Kewirausahaan dan Orientasi Pasar: Kajian pada Peran Serta

Wirausaha Wanita di Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Propinsi DIY. Jurnal

Sosio Humaniora.




DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.857

Article Metrics

Abstract view : 893 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 401 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.