PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN : STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE DI MASA COVID- 19 MELALUI SOSIAL MEDIA BAGI UMKM DI KABUPATEN LAHAT
Abstract
Masa pandemi covid-19 membuat pemerintah melakukan banyak pembatasan interaksi dan kegiatan sosial masyarakat yang berakibat menurunnya transaksi penjualan secara offline bagi UMKM. Sangat penting bagi UMKM untuk segera beralih dan menyediakan akses pelayanan penjualan melalui sistem online melalui sosial media agar dapat kembali menjangkau konsumen dan meningkatkan penjualan. UMKM di wilayah lahat termasuk UMKM yang sangat membutuhkan pelatihan penjualan online melalui sosial media, mengingat Kabupaten Lahat termasuk dalam kategori merah penyebaran covid-19 yang berarti pembatasan interaksisosial secara offline dilakukan. Pelatihan kewirausahaan ini dilakukan dengan metode presentasi, tatap muka, diskusi, serta praktek pembuatan dan optimasi sosial media. Hasil dari pelatihan ini seluruh pelaku UMKM dikabupaten Lahat memiliki akun dan mampu mengoptimasi sosial media yang mereka miliki untuk melakukan transaksi online dan meningkatkan penjualan di masa pandemi covid-19.
Keywords
Kewirausahaan; Covid-19; penjualan; online; UMKM
References
Achmad, Z. A., & Setiyanti, O. W. (2015). The Effectiveness of Use of Soundcloud
Application for Promoting Pop Punk Songs and Music. Bali International Seminar on
Science and Technology.
Gunelius, S. (2013). Can Small Businesses Really Afford Celebrity Endorsements? Forbes.
Helmalia, h., & afrinawati, a. (2018). Pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan
usaha mikro kecil dan menengah di kota padang. Jebi (jurnal ekonomi dan bisnis islam).
Https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182
Purbohastuti, a. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa
Ekonomika. https://doi.org/10.35448/jte.v12i2.4456Tutiasri, R. P., Febriyanti, S. N., Huzain, A. F., & Nugroho, A. S. (2020). Creative Marketing
Strategies of Sembung Batik. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200325.030
Wicaksono, G., & Nuvriasari, A. (2012). Meningkatkan Kinerja UMKM Industri Kreatif
Melalui Pengembangan Kewirausahaan dan Orientasi Pasar: Kajian pada Peran Serta
Wirausaha Wanita di Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Propinsi DIY. Jurnal
Sosio Humaniora.
DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.857
Article Metrics
Abstract view : 893 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 401 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Masa pandemi covid-19 membuat pemerintah melakukan banyak pembatasan interaksi dan kegiatan sosial masyarakat yang berakibat menurunnya transaksi penjualan secara offline bagi UMKM. Sangat penting bagi UMKM untuk segera beralih dan menyediakan akses pelayanan penjualan melalui sistem online melalui sosial media agar dapat kembali menjangkau konsumen dan meningkatkan penjualan. UMKM di wilayah lahat termasuk UMKM yang sangat membutuhkan pelatihan penjualan online melalui sosial media, mengingat Kabupaten Lahat termasuk dalam kategori merah penyebaran covid-19 yang berarti pembatasan interaksisosial secara offline dilakukan. Pelatihan kewirausahaan ini dilakukan dengan metode presentasi, tatap muka, diskusi, serta praktek pembuatan dan optimasi sosial media. Hasil dari pelatihan ini seluruh pelaku UMKM dikabupaten Lahat memiliki akun dan mampu mengoptimasi sosial media yang mereka miliki untuk melakukan transaksi online dan meningkatkan penjualan di masa pandemi covid-19.
Keywords
References
Achmad, Z. A., & Setiyanti, O. W. (2015). The Effectiveness of Use of Soundcloud
Application for Promoting Pop Punk Songs and Music. Bali International Seminar on
Science and Technology.
Gunelius, S. (2013). Can Small Businesses Really Afford Celebrity Endorsements? Forbes.
Helmalia, h., & afrinawati, a. (2018). Pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan
usaha mikro kecil dan menengah di kota padang. Jebi (jurnal ekonomi dan bisnis islam).
Https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182
Purbohastuti, a. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa
Ekonomika. https://doi.org/10.35448/jte.v12i2.4456Tutiasri, R. P., Febriyanti, S. N., Huzain, A. F., & Nugroho, A. S. (2020). Creative Marketing
Strategies of Sembung Batik. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200325.030
Wicaksono, G., & Nuvriasari, A. (2012). Meningkatkan Kinerja UMKM Industri Kreatif
Melalui Pengembangan Kewirausahaan dan Orientasi Pasar: Kajian pada Peran Serta
Wirausaha Wanita di Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Propinsi DIY. Jurnal
Sosio Humaniora.