PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI KINEMASTER DI TK TRISULA BANDAR LAMPUNG MELALUI PELATIHAN
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pembuatan media pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Guru TK Trisula Bandar Lampung dalam membuat video pembelajaran dengan aplikasi kinemaster. Kemampuan membuat media pembelajaran ini diharapkan mampu memecahkan tantangan dalam pembelajaran melalui daring yang disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru di TK Trisula Bandar Lampung yang berjumlah lima orang. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceraman bervariasi, demonstrasi dan latihan. Dalam pelaksanannya ada dua pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan klasikal dan pendekatan individual. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat membuat video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster ini berjalan dengan baik. Kegiatan terdiri atas 4 tahapan yaitu penyampaian teori pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster, pembuatan scenario pembelajaran, perekaman video pembelajaran dan pengeditan video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster. Setelah melakukan kegiatan PkM pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster di TK Trisula Bandar Lampung dapat disimpulkan bahwa kegiatan PkM ini mampu meningkatkan kemampuan Guru TK Trisula Bandar Lampung dalam membuat video pembelajaran yang menarik dengan aplikasi Kinemaster. Tingkat pemahaman peserta tentang teori pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster yaitu 33% atau 2 orang peserta yang sangat paham teori pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster, 50% atau 3 orang peserta paham, 17% atau satu orang peserta kurang paham, dan 0% atau tidak satupun peserta yang tidak memahami pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster. Peserta yang berhasil melaksanakan sampai ke tahapan mengedit video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster sebanyak 4 orang peserta atau 66,67% peserta.
Keywords
Pelatihan; Media Pembelajaran; Kinemaster
References
Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Levie, 1982. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada
Media
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan. Jakarta: GP. Press
Group
https://www.utopicomputers.com/apa-itu-kinemaster-pengertian-fungsi-dan-fitur-fiturnya/)
http://dewinacahya.blogspot.com/2019/04/pemanfaatan-aplikasi-videoscribe.html
DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.853
Article Metrics
Abstract view : 861 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 305 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pembuatan media pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Guru TK Trisula Bandar Lampung dalam membuat video pembelajaran dengan aplikasi kinemaster. Kemampuan membuat media pembelajaran ini diharapkan mampu memecahkan tantangan dalam pembelajaran melalui daring yang disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru di TK Trisula Bandar Lampung yang berjumlah lima orang. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceraman bervariasi, demonstrasi dan latihan. Dalam pelaksanannya ada dua pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan klasikal dan pendekatan individual. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat membuat video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster ini berjalan dengan baik. Kegiatan terdiri atas 4 tahapan yaitu penyampaian teori pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster, pembuatan scenario pembelajaran, perekaman video pembelajaran dan pengeditan video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster. Setelah melakukan kegiatan PkM pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster di TK Trisula Bandar Lampung dapat disimpulkan bahwa kegiatan PkM ini mampu meningkatkan kemampuan Guru TK Trisula Bandar Lampung dalam membuat video pembelajaran yang menarik dengan aplikasi Kinemaster. Tingkat pemahaman peserta tentang teori pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster yaitu 33% atau 2 orang peserta yang sangat paham teori pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster, 50% atau 3 orang peserta paham, 17% atau satu orang peserta kurang paham, dan 0% atau tidak satupun peserta yang tidak memahami pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster. Peserta yang berhasil melaksanakan sampai ke tahapan mengedit video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster sebanyak 4 orang peserta atau 66,67% peserta.
Keywords
References
Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Levie, 1982. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada
Media
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan. Jakarta: GP. Press
Group
https://www.utopicomputers.com/apa-itu-kinemaster-pengertian-fungsi-dan-fitur-fiturnya/)
http://dewinacahya.blogspot.com/2019/04/pemanfaatan-aplikasi-videoscribe.html