PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN KELILING DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI LAMPUNG
Abstract
Berbagai Alasan Sebagian Besar Masyarakat Yang Tidak Dapat Mengunjungi Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung maka dalam upaya meningkatkan pelayanan disediakan layanan perpustakaan bergerak yang dikenal dengan sebutan Perpustakaan Keliling. Manfaat perpustakaan keliling bagi masyarakat antara lain dapat menyediakan bacaan-bacaan ringan tetapi bermutu. Koleksi yang tersedia berupa buku bacaan non fiksi, fiksi dan majalah. Namun masalah yang dihadapi oleh perpustakaan keliling tidak dapat melayani masyarakat yang haus akan informasi dengan koleksi yang terbatas, kurang profesionalnya pelayanan yang dilakukan oleh perpustakaan keliling. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan perpustakaan keliling dalam upaya peningkatan pelayanan pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan  Provinsi Lampung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisa pengelolaan perpustakaan keliling dan untuk mengetahui upaya peningkatan pelayanan pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan  Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif.. Hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa pengelolaan perpustakaan keliling pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung masih terkendala beberapa masalah seperti terbatasnya koleksi buku yang ada, kurang profesionalnya pelayanan yang dilakukan oleh perpustakaan keliling disebabkan sumber daya manusianya yang masih kurang dan upaya Peningkatan Pelayanan pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan  Provinsi Lampung diketahui bahwa telah dilakukan berbagai upaya namun dalam beberapa hal masih ditemui seperti pegawai yang kurang mau mendengar keluhan masyarakat atau siswa (pengguna) perpustakaan keliling. Hal ini disebabkan terbatasnya pegawai yang ada.
Keywords
Pengelolaan Perpustakaan, Pelayanan
References
Saleh. (2015). Manajemen Administrasi Perguruan Tinggi. Jakarta
Boediono. (2013). Pelayanan Prima Perpajakan. PT. Rineka Cipta: Jakarta
Darmono, (2015) Manajemen dan Tata Kerja Administrasi Kearsipan . Jakarta Grasindo
Dendy Sugono. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke- 4 Jakarta: Gramedia
Dwiyanto Indihono (2016). Reformasi Birokrasi Yogyakarta: Penerbit Gaya Media
Lupioadi (2016). Membangkitkan Budaya Kewirausahaan Jakarta Salemba Empat
Manullang sebagaimana dikutip oleh Mastini (2013). Dasar-Dasar Manajemen, edisi revisi, cetakan ketujuh. Yogyakarta Ghalia Indonesia
M.Nur Rianto Al Arif. (2012). Dasar-dasar Pemasaran, Bandung: Alfabeta.
Mastini Hardjoprakoso (2012) Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Umum Jakarta : Perpustakaan Nasional RI
Moleong (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta
Nuzlianni Kadariyah (2014). Pengelolaan Perpustakaan Keliling Di Perpustakaan Daerah Tangerang Selatan. Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukarman (2010). Pedoman Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Umum , (Jakarta: Perpustakaan Nasional RI)
Sulistyo Basuki. (2011). Pengantar Ilmu Perpustakaan dan Administrasi. Jakarta : Gramedia Pustaka
Sutarno NS. (2016). Perpustakaan dan Masyarakat, Sagung Seto, Jakarta
Supriyanto (2014). Perpustakaan Dan Pustakawan. Jakarta : Ikatan Pustakawan Indonesia DKI Jakarta
Talizidhuhu Ndraha (2017). Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru), Jakarta: PT. Rineka Cipta
Taslimah Yusuf (2016). Manajemen Perpustakaan Umum Universitas Terbuka, Jakarta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI, 2007.
DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.832
Article Metrics
Abstract view : 1298 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1095 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Berbagai Alasan Sebagian Besar Masyarakat Yang Tidak Dapat Mengunjungi Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung maka dalam upaya meningkatkan pelayanan disediakan layanan perpustakaan bergerak yang dikenal dengan sebutan Perpustakaan Keliling. Manfaat perpustakaan keliling bagi masyarakat antara lain dapat menyediakan bacaan-bacaan ringan tetapi bermutu. Koleksi yang tersedia berupa buku bacaan non fiksi, fiksi dan majalah. Namun masalah yang dihadapi oleh perpustakaan keliling tidak dapat melayani masyarakat yang haus akan informasi dengan koleksi yang terbatas, kurang profesionalnya pelayanan yang dilakukan oleh perpustakaan keliling. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan perpustakaan keliling dalam upaya peningkatan pelayanan pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan  Provinsi Lampung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisa pengelolaan perpustakaan keliling dan untuk mengetahui upaya peningkatan pelayanan pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan  Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif.. Hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa pengelolaan perpustakaan keliling pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung masih terkendala beberapa masalah seperti terbatasnya koleksi buku yang ada, kurang profesionalnya pelayanan yang dilakukan oleh perpustakaan keliling disebabkan sumber daya manusianya yang masih kurang dan upaya Peningkatan Pelayanan pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan  Provinsi Lampung diketahui bahwa telah dilakukan berbagai upaya namun dalam beberapa hal masih ditemui seperti pegawai yang kurang mau mendengar keluhan masyarakat atau siswa (pengguna) perpustakaan keliling. Hal ini disebabkan terbatasnya pegawai yang ada.
Keywords
References
Saleh. (2015). Manajemen Administrasi Perguruan Tinggi. Jakarta
Boediono. (2013). Pelayanan Prima Perpajakan. PT. Rineka Cipta: Jakarta
Darmono, (2015) Manajemen dan Tata Kerja Administrasi Kearsipan . Jakarta Grasindo
Dendy Sugono. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke- 4 Jakarta: Gramedia
Dwiyanto Indihono (2016). Reformasi Birokrasi Yogyakarta: Penerbit Gaya Media
Lupioadi (2016). Membangkitkan Budaya Kewirausahaan Jakarta Salemba Empat
Manullang sebagaimana dikutip oleh Mastini (2013). Dasar-Dasar Manajemen, edisi revisi, cetakan ketujuh. Yogyakarta Ghalia Indonesia
M.Nur Rianto Al Arif. (2012). Dasar-dasar Pemasaran, Bandung: Alfabeta.
Mastini Hardjoprakoso (2012) Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Umum Jakarta : Perpustakaan Nasional RI
Moleong (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta
Nuzlianni Kadariyah (2014). Pengelolaan Perpustakaan Keliling Di Perpustakaan Daerah Tangerang Selatan. Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukarman (2010). Pedoman Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Umum , (Jakarta: Perpustakaan Nasional RI)
Sulistyo Basuki. (2011). Pengantar Ilmu Perpustakaan dan Administrasi. Jakarta : Gramedia Pustaka
Sutarno NS. (2016). Perpustakaan dan Masyarakat, Sagung Seto, Jakarta
Supriyanto (2014). Perpustakaan Dan Pustakawan. Jakarta : Ikatan Pustakawan Indonesia DKI Jakarta
Talizidhuhu Ndraha (2017). Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru), Jakarta: PT. Rineka Cipta
Taslimah Yusuf (2016). Manajemen Perpustakaan Umum Universitas Terbuka, Jakarta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI, 2007.