PENGGUNAAN KAMUS DWI BAHASA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENGUASAAN KOSAKATA ARAB MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
Abstract
Kamus-kamus bahasa Arab istilah ilmu hukum seperti Mu’jam al-Qanun karyaSyauqi Dhoyf digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram sebagai sumber belajar dalam menguasai kosakata bahasa Arab dalam bidang ilmu hukum. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan kamus sebagai sumber belajar dalam penguasaan kosakata Arab mahasiswa dan kendala-kendala yang dihadapi dosen dan mahassiwa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram. Dan adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan dengan analisis data Miles dan Huberman terdiiri dari tiga langkah yaitu kondensasi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Dan adapun output peneletian adalah 1) Proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan kamus sebagai sumber belajar dalam penguasaan kosakata Arab mahasiswa menekankan adanya interaksi transformatif yang menekankan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran, 2) Kendala yang dihadapi oleh dosen maupun dosen meliputi aspek internal dan eksternal antara lain: kurangnya kompotensi dosen dalam mendesain materi di luar bidangnya, ketidakmampuan dosen dalam memenej intetkasi pembelajaran karena menggunakan e-learning dan kekurangcakapan dosen untuk momotivasi mahasiswa untuk lebih semangat dan beragirah dalam belajar kosakata Arab, mahasiswa tidak cukup kemampaun untuk berinteraksi dengan sumber belajar sehingga kurang minat dan motivasi dalam belajar.
Keywords
Sumber Belajar; Kamus Dwibahasa; Mufradat; Hukum
References
AbdulChaer. (2007)LeksikologidanLeksikografiIndonesia.Jakarta:RinekaCipta
AbdulKhair. (2012).LinguistikUmum,Jakarta:RinekaCipta
AbdulMajid. (2007). PerencanaanPembelajaranMengembangkanStandarKompetensiGuru. Bandung:RemajaRosdakarya
AbdulWahabRosyidi. 2009. MediaPembelajaranBahasaArab,Malang:UINMalangPress
AdistiDwiUtami,TriIndriHardini,YuliartiMutiarsih.(2019). “Leksikografi Kamus DwibahasaPrancis-Indonesia KhususBidangBisnisâ€,LinguistikIndonesia, Volumeke-37,No.1,2019
AhmadFalah. (2016)“ProblemdanTantanganPembelajaranBahasaArabPadaTingkatMadrasahâ€ArabiaVol.8No.1,2016
AhmadFuad Effendy. (2005)MetedologiPembelajaranBahasaArab. Malang:Misykat
AnikGhufran. (2003). KurikulumBerbasisKompetensi:KajianKritisImplementasidanImplikasi. Yogyakarta:LaboratoriumFSPFakutasIlmuPendidikanUNY
BasseWahida. (2017).“KamusSebagiSumberBelajar:KajianTerhadapKamusCetakDanKamusDigitalâ€,JurnalAl-TuratsVol.11No.1
BesseWahida. (2017). “KamusBahasaArabsebagaiSumberBelajarâ€, At-TuratsJurnalPemikiranPendidikanIslam Vol.11No.1
BisriMustofadanAbdulHamid. (2011). MetodedanStrategiPembelajaranBahasaArabMalang:UIN-MalikiPress
Djam’anSatori&AanKomariah. (2013). Metodologi PenelitianKualitatif,Bandung: Alfabeta
Donald Ary. (2002). IntroductionTo ResearchIn Education. Australia: WadswortThomsonLearning
EllyManizar. (2015). “PeranGuruSebagaiMotivatorDalamBelajar†TadribVol.1,No2.2015
FaridHelmiSetyawan&PuputEkaBajuri. (2018).“PenggunaanKamusOlahragaBerbasisAndroiddalamPenguasaanIstilahAsingBidangOlahragaâ€,Pedagogia: JurnalPendidikanVolume.7,No.2,2018
HadariNawawi. (2005). MetodologiPenelitianBidangSosial,Yogyakarta:GajahMadaPress
HendraFaisal. (2017). MetodologiPembelajaranBahasaArab (Jakarta:DepagRI,2006), Jenny Lilawati, “Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran’, Prosiding Seminar Nasional, Fakultas Ilmu SosialUniversitasNegeriMedan
Moleong,Lexy. (2015). MetodologiPenelitianKualitatif.Bandung:RemajaRosdaKarya
MuhbibAbdulWahab. 2017. “PetaPerkembanganLeksikografiArabdiIndonesia:Studi KritisAtasKamusKaryaMahmudYunusâ€,Arabi:JournalofArabicStudies Vol.2No.1,2017
MuhbibAbdulWahab,EpistemologidanMetodologi PembelajaranBahasaArabJakarta:UINPress,dalamUbaid Ridlo,“BahasaArabDalamPusaranArusGlobalisasi:AntaraPesismismeDanOptimismeâ€,JurnalIhyaulArabiyah, Vol1Edisi2,2015,
NurHizbullah&Zaqiatul,“MardiahMasalahPengajaranBahasaArabdiMadrasahAliyah diJakartaâ€, JurnalAl-AzharIndonesiaSeriHumaniora,Vo.2,No.3,2014,
Nurul Qamar &Hardiayanto Djanggih.(2017)“Peranan Bahasa Hukum DalamPerumusan Norma Perundang-Undangan (Role Of Legal Language InFormulationOfLegislationNorms)â€,JIKHVol.11No.3,2017
OemarHamalik.(2004).ProsesBelajarMengajar.Jakarta:BumiAksara
RoyKillen,EffectiveTeachingStraategies:LessonfromReseasrchandPractice,(Australia: Social Secience Press, 1998) dalam Rusman, BelajarPembelajaranBerorientasiStandar ProsesPembelajran,(Jakarta:Kencana,2017)
Sa’diyatulMunawaroh. (2017). “PeningkatanPenguasaanKosakataBahasaArabMelalui MetodeBernyanyi PadaAnakUsiaDinidiRAMasitohSalatigaTahun Pelajaran2016/2017â€,SkripsiInstitutAgamaIslamNegeriSalatiga2017
Supriadi. (2015). “PemanfaatanSumberBelajarDalamProsesPembelajaranâ€,LantanidaJournal,Vol.3No.2,2015
SyaifulMustofa.(2011)StrategiPembelajaranNahasaArabInovatif.Malang:UINPress
VolkanCicek&HidayetTok,EffectiveUseofLessonPlanstoEnhanceEducation inU.S.andTurkishKindergarten thru12thGradePublicSchoolSystem:A ComparativeStudy,InternationalJournalof Teaching and EducationVol.II No.2,
Yulida, R. kausar. Andriani. (2016).“Penggunaan modelpembelajaran penemuanterbimbingdalammeningkatkan aktivitasdanhasilbelajarmahasiswapada matakuliahpenyuluhan dankomunikasi pertanianâ€.MimbarPendidikan: jurnalIndonesiauntuk kajianpendidikan.Volume1,Nomor2,2016
DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.828
Article Metrics
Abstract view : 1101 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 966 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Kamus-kamus bahasa Arab istilah ilmu hukum seperti Mu’jam al-Qanun karyaSyauqi Dhoyf digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram sebagai sumber belajar dalam menguasai kosakata bahasa Arab dalam bidang ilmu hukum. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan kamus sebagai sumber belajar dalam penguasaan kosakata Arab mahasiswa dan kendala-kendala yang dihadapi dosen dan mahassiwa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram. Dan adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan dengan analisis data Miles dan Huberman terdiiri dari tiga langkah yaitu kondensasi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Dan adapun output peneletian adalah 1) Proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan kamus sebagai sumber belajar dalam penguasaan kosakata Arab mahasiswa menekankan adanya interaksi transformatif yang menekankan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran, 2) Kendala yang dihadapi oleh dosen maupun dosen meliputi aspek internal dan eksternal antara lain: kurangnya kompotensi dosen dalam mendesain materi di luar bidangnya, ketidakmampuan dosen dalam memenej intetkasi pembelajaran karena menggunakan e-learning dan kekurangcakapan dosen untuk momotivasi mahasiswa untuk lebih semangat dan beragirah dalam belajar kosakata Arab, mahasiswa tidak cukup kemampaun untuk berinteraksi dengan sumber belajar sehingga kurang minat dan motivasi dalam belajar.
Keywords
References
AbdulChaer. (2007)LeksikologidanLeksikografiIndonesia.Jakarta:RinekaCipta
AbdulKhair. (2012).LinguistikUmum,Jakarta:RinekaCipta
AbdulMajid. (2007). PerencanaanPembelajaranMengembangkanStandarKompetensiGuru. Bandung:RemajaRosdakarya
AbdulWahabRosyidi. 2009. MediaPembelajaranBahasaArab,Malang:UINMalangPress
AdistiDwiUtami,TriIndriHardini,YuliartiMutiarsih.(2019). “Leksikografi Kamus DwibahasaPrancis-Indonesia KhususBidangBisnisâ€,LinguistikIndonesia, Volumeke-37,No.1,2019
AhmadFalah. (2016)“ProblemdanTantanganPembelajaranBahasaArabPadaTingkatMadrasahâ€ArabiaVol.8No.1,2016
AhmadFuad Effendy. (2005)MetedologiPembelajaranBahasaArab. Malang:Misykat
AnikGhufran. (2003). KurikulumBerbasisKompetensi:KajianKritisImplementasidanImplikasi. Yogyakarta:LaboratoriumFSPFakutasIlmuPendidikanUNY
BasseWahida. (2017).“KamusSebagiSumberBelajar:KajianTerhadapKamusCetakDanKamusDigitalâ€,JurnalAl-TuratsVol.11No.1
BesseWahida. (2017). “KamusBahasaArabsebagaiSumberBelajarâ€, At-TuratsJurnalPemikiranPendidikanIslam Vol.11No.1
BisriMustofadanAbdulHamid. (2011). MetodedanStrategiPembelajaranBahasaArabMalang:UIN-MalikiPress
Djam’anSatori&AanKomariah. (2013). Metodologi PenelitianKualitatif,Bandung: Alfabeta
Donald Ary. (2002). IntroductionTo ResearchIn Education. Australia: WadswortThomsonLearning
EllyManizar. (2015). “PeranGuruSebagaiMotivatorDalamBelajar†TadribVol.1,No2.2015
FaridHelmiSetyawan&PuputEkaBajuri. (2018).“PenggunaanKamusOlahragaBerbasisAndroiddalamPenguasaanIstilahAsingBidangOlahragaâ€,Pedagogia: JurnalPendidikanVolume.7,No.2,2018
HadariNawawi. (2005). MetodologiPenelitianBidangSosial,Yogyakarta:GajahMadaPress
HendraFaisal. (2017). MetodologiPembelajaranBahasaArab (Jakarta:DepagRI,2006), Jenny Lilawati, “Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran’, Prosiding Seminar Nasional, Fakultas Ilmu SosialUniversitasNegeriMedan
Moleong,Lexy. (2015). MetodologiPenelitianKualitatif.Bandung:RemajaRosdaKarya
MuhbibAbdulWahab. 2017. “PetaPerkembanganLeksikografiArabdiIndonesia:Studi KritisAtasKamusKaryaMahmudYunusâ€,Arabi:JournalofArabicStudies Vol.2No.1,2017
MuhbibAbdulWahab,EpistemologidanMetodologi PembelajaranBahasaArabJakarta:UINPress,dalamUbaid Ridlo,“BahasaArabDalamPusaranArusGlobalisasi:AntaraPesismismeDanOptimismeâ€,JurnalIhyaulArabiyah, Vol1Edisi2,2015,
NurHizbullah&Zaqiatul,“MardiahMasalahPengajaranBahasaArabdiMadrasahAliyah diJakartaâ€, JurnalAl-AzharIndonesiaSeriHumaniora,Vo.2,No.3,2014,
Nurul Qamar &Hardiayanto Djanggih.(2017)“Peranan Bahasa Hukum DalamPerumusan Norma Perundang-Undangan (Role Of Legal Language InFormulationOfLegislationNorms)â€,JIKHVol.11No.3,2017
OemarHamalik.(2004).ProsesBelajarMengajar.Jakarta:BumiAksara
RoyKillen,EffectiveTeachingStraategies:LessonfromReseasrchandPractice,(Australia: Social Secience Press, 1998) dalam Rusman, BelajarPembelajaranBerorientasiStandar ProsesPembelajran,(Jakarta:Kencana,2017)
Sa’diyatulMunawaroh. (2017). “PeningkatanPenguasaanKosakataBahasaArabMelalui MetodeBernyanyi PadaAnakUsiaDinidiRAMasitohSalatigaTahun Pelajaran2016/2017â€,SkripsiInstitutAgamaIslamNegeriSalatiga2017
Supriadi. (2015). “PemanfaatanSumberBelajarDalamProsesPembelajaranâ€,LantanidaJournal,Vol.3No.2,2015
SyaifulMustofa.(2011)StrategiPembelajaranNahasaArabInovatif.Malang:UINPress
VolkanCicek&HidayetTok,EffectiveUseofLessonPlanstoEnhanceEducation inU.S.andTurkishKindergarten thru12thGradePublicSchoolSystem:A ComparativeStudy,InternationalJournalof Teaching and EducationVol.II No.2,
Yulida, R. kausar. Andriani. (2016).“Penggunaan modelpembelajaran penemuanterbimbingdalammeningkatkan aktivitasdanhasilbelajarmahasiswapada matakuliahpenyuluhan dankomunikasi pertanianâ€.MimbarPendidikan: jurnalIndonesiauntuk kajianpendidikan.Volume1,Nomor2,2016