PENGGUNAAN KAMUS DWI BAHASA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENGUASAAN KOSAKATA ARAB MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Nasarudin Nasarudin

Abstract


Kamus-kamus bahasa Arab istilah ilmu hukum seperti Mu’jam al-Qanun karyaSyauqi Dhoyf digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram sebagai sumber belajar dalam menguasai kosakata bahasa Arab dalam bidang ilmu hukum. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan kamus sebagai sumber belajar dalam penguasaan kosakata Arab mahasiswa dan kendala-kendala yang dihadapi dosen dan mahassiwa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram. Dan adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan dengan analisis data Miles dan Huberman terdiiri dari tiga langkah yaitu kondensasi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Dan adapun output peneletian adalah 1) Proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan kamus sebagai sumber belajar dalam penguasaan kosakata Arab mahasiswa menekankan adanya interaksi transformatif yang menekankan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran, 2) Kendala yang dihadapi oleh dosen maupun dosen meliputi aspek  internal  dan  eksternal  antara  lain:  kurangnya kompotensi dosen  dalam mendesain  materi  di  luar  bidangnya, ketidakmampuan dosen  dalam  memenej intetkasi pembelajaran karena menggunakan e-learning dan kekurangcakapan dosen untuk momotivasi mahasiswa untuk lebih semangat dan beragirah dalam belajar kosakata Arab, mahasiswa tidak cukup kemampaun untuk berinteraksi dengan sumber belajar sehingga kurang minat dan motivasi dalam belajar.


Keywords


Sumber Belajar; Kamus Dwibahasa; Mufradat; Hukum

References


AbdulChaer. (2007)LeksikologidanLeksikografiIndonesia.Jakarta:RinekaCipta

AbdulKhair. (2012).LinguistikUmum,Jakarta:RinekaCipta

AbdulMajid. (2007). PerencanaanPembelajaranMengembangkanStandarKompetensiGuru. Bandung:RemajaRosdakarya

AbdulWahabRosyidi. 2009. MediaPembelajaranBahasaArab,Malang:UINMalangPress

AdistiDwiUtami,TriIndriHardini,YuliartiMutiarsih.(2019). “Leksikografi Kamus DwibahasaPrancis-Indonesia KhususBidangBisnisâ€,LinguistikIndonesia, Volumeke-37,No.1,2019

AhmadFalah. (2016)“ProblemdanTantanganPembelajaranBahasaArabPadaTingkatMadrasahâ€ArabiaVol.8No.1,2016

AhmadFuad Effendy. (2005)MetedologiPembelajaranBahasaArab. Malang:Misykat

AnikGhufran. (2003). KurikulumBerbasisKompetensi:KajianKritisImplementasidanImplikasi. Yogyakarta:LaboratoriumFSPFakutasIlmuPendidikanUNY

BasseWahida. (2017).“KamusSebagiSumberBelajar:KajianTerhadapKamusCetakDanKamusDigitalâ€,JurnalAl-TuratsVol.11No.1

BesseWahida. (2017). “KamusBahasaArabsebagaiSumberBelajarâ€, At-TuratsJurnalPemikiranPendidikanIslam Vol.11No.1

BisriMustofadanAbdulHamid. (2011). MetodedanStrategiPembelajaranBahasaArabMalang:UIN-MalikiPress

Djam’anSatori&AanKomariah. (2013). Metodologi PenelitianKualitatif,Bandung: Alfabeta

Donald Ary. (2002). IntroductionTo ResearchIn Education. Australia: WadswortThomsonLearning

EllyManizar. (2015). “PeranGuruSebagaiMotivatorDalamBelajar†TadribVol.1,No2.2015

FaridHelmiSetyawan&PuputEkaBajuri. (2018).“PenggunaanKamusOlahragaBerbasisAndroiddalamPenguasaanIstilahAsingBidangOlahragaâ€,Pedagogia: JurnalPendidikanVolume.7,No.2,2018

HadariNawawi. (2005). MetodologiPenelitianBidangSosial,Yogyakarta:GajahMadaPress

HendraFaisal. (2017). MetodologiPembelajaranBahasaArab (Jakarta:DepagRI,2006), Jenny Lilawati, “Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran’, Prosiding Seminar Nasional, Fakultas Ilmu SosialUniversitasNegeriMedan

Moleong,Lexy. (2015). MetodologiPenelitianKualitatif.Bandung:RemajaRosdaKarya

MuhbibAbdulWahab. 2017. “PetaPerkembanganLeksikografiArabdiIndonesia:Studi KritisAtasKamusKaryaMahmudYunusâ€,Arabi:JournalofArabicStudies Vol.2No.1,2017

MuhbibAbdulWahab,EpistemologidanMetodologi PembelajaranBahasaArabJakarta:UINPress,dalamUbaid Ridlo,“BahasaArabDalamPusaranArusGlobalisasi:AntaraPesismismeDanOptimismeâ€,JurnalIhyaulArabiyah, Vol1Edisi2,2015,

NurHizbullah&Zaqiatul,“MardiahMasalahPengajaranBahasaArabdiMadrasahAliyah diJakartaâ€, JurnalAl-AzharIndonesiaSeriHumaniora,Vo.2,No.3,2014,

Nurul Qamar &Hardiayanto Djanggih.(2017)“Peranan Bahasa Hukum DalamPerumusan Norma Perundang-Undangan (Role Of Legal Language InFormulationOfLegislationNorms)â€,JIKHVol.11No.3,2017

OemarHamalik.(2004).ProsesBelajarMengajar.Jakarta:BumiAksara

RoyKillen,EffectiveTeachingStraategies:LessonfromReseasrchandPractice,(Australia: Social Secience Press, 1998) dalam Rusman, BelajarPembelajaranBerorientasiStandar ProsesPembelajran,(Jakarta:Kencana,2017)

Sa’diyatulMunawaroh. (2017). “PeningkatanPenguasaanKosakataBahasaArabMelalui MetodeBernyanyi PadaAnakUsiaDinidiRAMasitohSalatigaTahun Pelajaran2016/2017â€,SkripsiInstitutAgamaIslamNegeriSalatiga2017

Supriadi. (2015). “PemanfaatanSumberBelajarDalamProsesPembelajaranâ€,LantanidaJournal,Vol.3No.2,2015

SyaifulMustofa.(2011)StrategiPembelajaranNahasaArabInovatif.Malang:UINPress

VolkanCicek&HidayetTok,EffectiveUseofLessonPlanstoEnhanceEducation inU.S.andTurkishKindergarten thru12thGradePublicSchoolSystem:A ComparativeStudy,InternationalJournalof Teaching and EducationVol.II No.2,

Yulida, R. kausar. Andriani. (2016).“Penggunaan modelpembelajaran penemuanterbimbingdalammeningkatkan aktivitasdanhasilbelajarmahasiswapada matakuliahpenyuluhan dankomunikasi pertanianâ€.MimbarPendidikan: jurnalIndonesiauntuk kajianpendidikan.Volume1,Nomor2,2016




DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.828

Article Metrics

Abstract view : 1101 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 966 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.