Pengaruh Harga Tiket Terhadap Jumlah Penjualan Tiket Bus Antar Kota Antar Provinsi Trayek Bandar Lampung-Solo Pada PO Merta Sari Bandar Lampung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga tiket terhadap penjualan tiket bus AKAP trayek Bandar Lampung-Solo pada PO. Merta Sari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan data sekunder dan wawancara kepada pihak pengelola PO. Merta Sari Bandar Lampung. Data sekunder yang digunakan yaitu data harga tiket dan jumlah penjualan tiket selama periode 2011 hingga 2015. Sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Harga tiket (X) terhadap Penjualan tiket (Y) dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh nilai Sig. sebesar 0,02. Berdasarkan nilai Sig. tersebut. Terdapat pengaruh signifikan antara harga tiket terhadap jumlah penjualan tiket (0,002 < 0,05). (thitung > ttabel). Selain itu, diperoleh pula nilai thitung untuk penjualan sebesar -9,60, karena nilai thitung negatif sedangkan sig < alpha, maka solusinya lakukan uji 1 sisi. Nilai ttable berdasarkan probabilitas One-Tailed test adalah sebesar 2,13. Jika dibandingkan antara nilai absolut thitung yaitu 9,60 dengan nilai ttable, dapat disimpulkan bahwa harga tiket berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penjualan tiket.
Keywords
Bus AKAP; Harga Tiket; Jumlah Penjualan Tiket; PO Merta Sari
References
Aspan, H., Fadlan, & Chikita, E. A. (2019). Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat. SOUMATERA LAW REVIEW, 2(2), 322–334.
Dewi, P. S. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MEMPRIORITASKAN PERBAIKAN JALAN RUSAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, Dan Komputer, 3(1), 85–104.
Fernandes, Y. D., & Marlius, D. (2018). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang. 1–12. https://doi.org/10.31227/osf.io/wrh3p
Lubis, P. P., & Yunita. (2018). Perlindungan Konsumen Terhadap Pencantuman Klausula Eksonerasi Dalam Tiket Bus Antar Kota Antar Provinsi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan, 2(1), 199–207.
Purwaningtias, F., & Mukmin, C. (2019). Pemodelan Enterprise Resource Planning Menggunakan Odoo Pada Z-Tech Komputer. Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 6(3), 275. https://doi.org/10.20527/klik.v6i3.259
Safitri, M. D. A. (2019). Penjadwalan Produksi Untuk Meminimasi Keterlambatan Distribusi Dengan Metode Earliest Due Date. Prosiding SemNas Teknik UMAHA, 1, 48–55.
Sahami, F. M., & Hamzah, S. N. (2020). Diversifikasi Olahan Cumi Kering “Cumkring O500†Di Desa Olimoo’O Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 281–289. https://doi.org/10.20956/pa.v4i3.7559
Sulistyorini, R. (2021). Peran Infrastruktur Transportasi Dalam Pengembangan Provinsi Lampung. Jurnal Transportasi, 21(1), 55–62. https://doi.org/10.26593/jtrans.v21i1.4829.55-62
Sutedjo, A. (2021). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Serta Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Konsumen Belanja Online Shopee. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, Dan Manajemen TRI BISNIS, 3(2), 165–178.
Syaleh, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Tempat Pendistribusian terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada CV. Tjahaja Baru Bukittinggi. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 1(1), 68–82.
Wangania, D. C., Rumengan, H., & Robial, F. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan UD. Bravia Plastik Manado. INNOVATIVE, 1(2), 504–515.
Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap. AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1(3), 175–190. https://doi.org/10.20885/ajie.vol1.iss3.art2
Winarni, W., Pratiwi, E. R., & Subchan, S. (2018). Desain Rute Jaringan Moda Bus Kota di Balikpapan sebagai Antisipasi Kemacetan di Balikpapan. SPECTA Journal of Technology, 2(3), 51. https://doi.org/10.35718/specta.v2i3.39
DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1531
Article Metrics
Abstract view : 546 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 665 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Aspan, H., Fadlan, & Chikita, E. A. (2019). Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat. SOUMATERA LAW REVIEW, 2(2), 322–334.
Dewi, P. S. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MEMPRIORITASKAN PERBAIKAN JALAN RUSAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, Dan Komputer, 3(1), 85–104.
Fernandes, Y. D., & Marlius, D. (2018). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang. 1–12. https://doi.org/10.31227/osf.io/wrh3p
Lubis, P. P., & Yunita. (2018). Perlindungan Konsumen Terhadap Pencantuman Klausula Eksonerasi Dalam Tiket Bus Antar Kota Antar Provinsi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan, 2(1), 199–207.
Purwaningtias, F., & Mukmin, C. (2019). Pemodelan Enterprise Resource Planning Menggunakan Odoo Pada Z-Tech Komputer. Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 6(3), 275. https://doi.org/10.20527/klik.v6i3.259
Safitri, M. D. A. (2019). Penjadwalan Produksi Untuk Meminimasi Keterlambatan Distribusi Dengan Metode Earliest Due Date. Prosiding SemNas Teknik UMAHA, 1, 48–55.
Sahami, F. M., & Hamzah, S. N. (2020). Diversifikasi Olahan Cumi Kering “Cumkring O500†Di Desa Olimoo’O Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 281–289. https://doi.org/10.20956/pa.v4i3.7559
Sulistyorini, R. (2021). Peran Infrastruktur Transportasi Dalam Pengembangan Provinsi Lampung. Jurnal Transportasi, 21(1), 55–62. https://doi.org/10.26593/jtrans.v21i1.4829.55-62
Sutedjo, A. (2021). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Serta Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Konsumen Belanja Online Shopee. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, Dan Manajemen TRI BISNIS, 3(2), 165–178.
Syaleh, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Tempat Pendistribusian terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada CV. Tjahaja Baru Bukittinggi. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 1(1), 68–82.
Wangania, D. C., Rumengan, H., & Robial, F. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan UD. Bravia Plastik Manado. INNOVATIVE, 1(2), 504–515.
Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap. AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1(3), 175–190. https://doi.org/10.20885/ajie.vol1.iss3.art2
Winarni, W., Pratiwi, E. R., & Subchan, S. (2018). Desain Rute Jaringan Moda Bus Kota di Balikpapan sebagai Antisipasi Kemacetan di Balikpapan. SPECTA Journal of Technology, 2(3), 51. https://doi.org/10.35718/specta.v2i3.39