Pendampingan Peningkatan Kualitas Keripik Pisang Muli Vacum Dengan Perbaikan Proses, Pengemasan Dan Lebaling Di Pekon Pakunegara Pesisir Barat
Abstract
Sebelum tahun 1970, Pekon Paku Negara terdiri dari satuan pemukiman, antara lain: Talang Kejadian, Ulok Magiwong, Cukuh Sinuman, Simpor, Atar Puding, Usang Pring dan Usang Madat. Pada 1972, talang tersebut menjadi Pemangku Paku Negara yang masuk dalam wilayah administratif dari Pekon Biha. Potensi desa Pakunegara sangat besar yang dihasilkan dari beberapa sektor sawah dan perkebunan yakni berupa padi dan pisang serta buah-buahan lainnya. Potensi hasil perkebunan itu ingin dimanfaatkan oleh Kopearsi Simpan Usaha Tratai Indah untuk membuat produk olahan makanan yang berbahan baku buah-buahan terutama pisang yang dapat dijual ditingkat lokal yaitu dalam desa Pakunegara dan desa tetangga. Namun dalam pengelolaan sumber daya yang ada masih terbatas, dalam hal ini mandapati berbagai permasalahan seperti masyarakat dan KSU tidak tahu proses pembuatan keripik pisang melalui proses yang baik atau tidak baik dari kualitas bahan baku maupun proses produksi dan Masyarakat dan KSU tidak tau bagaimana memasarkan produknya agar menarik dan masih menggunakan Teknik pemasaran tradisional. Kegiatan pengabdian berjalan lancar, dihadiri oleh 5 anggota KSU yang sangat antusias dengan kegiatan pendampingan dan masyarakat sekitar turut membantu jalannya kegiatan. Tim pengabdian berhasil meningkatkan kemampuan dan pemahaman terkait pembuatan keripik pisang muli vacuum, pengemasan serta labeling menggunakan cara yang lebih modern. Hal tersebut ditunjukkan perbedaan hasil pretest dan postest yang bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi tingkat pemahaman peserta. Dengan pengetahuan dan kemampuan yang sudah diperoleh dari kegiatan pendampingan, diharapkan anggota KSU mampu menjadi penggerak bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomian di Pekon Pakunegara.
Keywords
Pisang Muli Vacum; Pengemasan; Labeling
References
Antarlina, S.S. dan Y. Rina. 2005. Pengolahan keripik buah-buahan lokal Kalimantan menggunakan penggoreng vakum. hlm. 1113-1126. Dalam J. Munarso, S. Prabawati, Abubakar, Setyajit. Risfaheri, F. Kusnandar, dan F. Suaib (Ed.). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Inovatif Pascapanen untuk Pengembangan Industri Berbasis Pertanian. Buku II: Alsin, Sosek dan Kebijakan, 7ï€8 September 2005. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Bogor.
Angipora, Marinus. P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Revisi. Cetakan Kedua. Raja Grafindo, Jakarta.
Angipora, Marinus. P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Revisi. Cetakan Kedua. Raja Grafindo, Jakarta.
Basu Swastha dan Irawan, 2005, Asas-asas Marketing, Liberty, Yogyakarta
Djaslim, Saladin. (2003). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Bandung: Linda Karya
Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta
J. Setiadi, Nugroho, SE., MM., 2003, â€Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaranâ€. Jakarta: Kencana.
Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
Philip Kotler, 2005, Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaa dan Implementasi dan Kontrol, Jilid I, Erlangga, Jakarta.
Swastha, Basu. 1984. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1455
Article Metrics
Abstract view : 729 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 451 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Antarlina, S.S. dan Y. Rina. 2005. Pengolahan keripik buah-buahan lokal Kalimantan menggunakan penggoreng vakum. hlm. 1113-1126. Dalam J. Munarso, S. Prabawati, Abubakar, Setyajit. Risfaheri, F. Kusnandar, dan F. Suaib (Ed.). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Inovatif Pascapanen untuk Pengembangan Industri Berbasis Pertanian. Buku II: Alsin, Sosek dan Kebijakan, 7ï€8 September 2005. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Bogor.
Angipora, Marinus. P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Revisi. Cetakan Kedua. Raja Grafindo, Jakarta.
Angipora, Marinus. P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Revisi. Cetakan Kedua. Raja Grafindo, Jakarta.
Basu Swastha dan Irawan, 2005, Asas-asas Marketing, Liberty, Yogyakarta
Djaslim, Saladin. (2003). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Bandung: Linda Karya
Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta
J. Setiadi, Nugroho, SE., MM., 2003, â€Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaranâ€. Jakarta: Kencana.
Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
Philip Kotler, 2005, Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaa dan Implementasi dan Kontrol, Jilid I, Erlangga, Jakarta.
Swastha, Basu. 1984. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.