Analisis Kinerja Mesin dan Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor dengan Variasi Kondisi Filter Udara

Kemas Muhammat Abdul Fatah, Agus Pratama

Abstract


Peningkatan populasi kendaran bermotor dari tahun ke tahun akan seiring dengan peningkatan konsumsi BBM yang berasal dari minyak bumi, sumber energi tak terbarukan yang perlu dihemat dengan cara perawatan kendaraan motor, khususnya perawatan filter udara pada sepeda motor. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kinerja mesin dan konsumsi bahan bakar pada kondisi filter yang berbeda jarak tempuh pemakaian sepeda motor, serta dapa menjelaskan pentingnya penggantian filter udara, dengan melakukan pengujian parameter daya, torsi dan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi filter 16000 km, terjadi penurunan daya sebesar 8,28% dan penurunan torsi sebesar 1,25% dan peningkatan konsumsi bahan bakar sebesar 2,83%. Penelitian ini juga dapat menjelaskan bahwa perawatan filter udara dengan hanya dibersihkan tidak mampu mengembalikan kinerja mesin, sehingga mengganti filter udara harus dilakukan.

Keywords


Daya; Filter Udara; Sepeda Motor; Torsi

References


Chen, Y., Gonder, J., Young, S., & Wood, E. (2019). Quantifying autonomous vehicles national fuel consumption impacts: A data-rich approach. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 122(xxxx), 134–145. doi:10.1016/j.tra.2017.10.012

Fatkhuniam, A., Wijaya, M. B. R., & Septiyanto, A. (2018). Perbandingan Penggunaan Filter Udara Standar dan Racing Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang Mesin Sepeda Motor Empat Langkah. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 3(2), 130–137. doi:10.21831/dinamika.v3i2.21410

Gv-, H. E. T., & Wijianti, E. S. (2018). Pengaruh Material Bearing Terhadap Konsumsi Bahan Bakar MOBIL Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknik , Universitas Bangka Balitung Kampus Terpadu Desa Balunijuk Kecamatan Merawang Kabupaten bangka 21 Wijianti , Eka Sari , dkk ; Pengaruh Material Bearing T. Machine;Jurnal Teknik Mesin, 4(2), 21–24.

Prihartono, J. (2020). Perbedaan Pengaruh Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektrik Dengan dan Tanpa Dilengkapi Sistem Pengaturan Waktu Buka Tutup Katup, Terhadap Peforma Mesin, Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang. Presisi, 22(1), 10–17.

Qosim, N. (2020). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 8(2), 53–61. doi:10.23887/jptm.v9i1.

Rozikin, N. A., & Firdaus, R. (2021). Effect Of Additional Variations Of Etanol Fuel On Exhaust Gas Emissions On Yamaha 125cc Motorcycles. Academia Open, 4, 1–9. doi:10.21070/acopen.4.2021.1969

Wigraha, N. A. (2015). Teknologi Motor Bakar Bensin Untuk Mencapai Persyaratan Batas Maksimal Polusi Dan Efisiensi Pemakaian Bahan Bakar Bensin. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 12(2). doi:10.23887/jptk.v12i2.6479




DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1451

Article Metrics

Abstract view : 1428 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 2081 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.