PENDAMPINGAN ONLINE DALAM JARINGAN (DARING) SERTIFIKASI KOMPETENSI TENAGA KERJA KONSTRUKSI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PROVINSI LAMPUNG
Abstract
Kompetensi tenaga kerja kontrusi sadah semakin berkembag dengan ditetapkannya kebijakan. peningkatan kualitas dan kuantitas sertifikasi kompetensi tenaga kerja memang sangat penting serta membutuhkan pelaksanaan sertifikasi yang benar-benar objektif, tepat tujuan, sasaran, akuntabilitas dan bermanfaat baik secara teknis maupun administratif. Permasalahannya yaitu kurangnya informasi, minimnya pengetahuan lemahnya daya tarik dan kurangnya pembinaan serta pendampingan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan yaitu metode standarisai kompetensi tenaga kontruksi. Langkah yang dilakukan yaitu tahap persiapan, tahap pengguanan perangkat, tahap evaluasi. Dari pelaksaan dapat disimpulkan 1). peningkatan sumber daya manusia (SDM) terutama pengetahuan praktis konstruksi berbasis informasi dan data internet (Daring) kepada peserta, dimasa pandemik covid-19 ini (Mahasiswa / SMK, Pekerja Konstruksi, masyarakat,tukang dan mandor) uji kompetensi tenaga kerja konstruksi di random pada kabupaten/kota di propinsi Lampung. 2) Membantu masyarakat konstruksi untuk dapat lebih efektif (lulus uji) dan sadar akan kebutuhan sertifikasi kompetensi tenaga kerja sesuai dengan amanat UU No.2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi terkhusus di propinsi Lampung.3) Membantu kinerja pemerintah dalam hal ini Balai Besar Pembinaan Jasa Konstruksi Wilayah Sumatera Bagian Selatan dan LPJK Daerah Lampung dalam percepatan kualitas dan kuantitas Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi.
Keywords
Pendampingan Online; Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja; Covid-19
References
Anjani, F. (2017). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi
Sebagai Variabel Moderator di PT Telekomunikasi Regional III area Witel Bandung
Muhammad Saroni.(2017).Sertifikasi Keahlian Siswa. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor : 1/BNSP/III/2014 Tentang Pedoman
Penilaian Kesesuaian - Persyaratan Umum Lembaga Sertifikasi Profesi.
Putri, F. A., Yoto, Y., & Sunarto, Y.(2017). Studi Pengelolaan Pelaksanaan Uji Kompetensi
Keahlian di SMK PGRI 3 Malang. Jurnal Pendidikan Profesional, 6(2).
Setyowati, W.(2017). “Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Sebagai Sarana
Peningkatan Sumber Daya Manusia Kompetenâ€. Jurnal Penamas, 1(1)
DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.1011
Article Metrics
Abstract view : 916 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 429 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Kompetensi tenaga kerja kontrusi sadah semakin berkembag dengan ditetapkannya kebijakan. peningkatan kualitas dan kuantitas sertifikasi kompetensi tenaga kerja memang sangat penting serta membutuhkan pelaksanaan sertifikasi yang benar-benar objektif, tepat tujuan, sasaran, akuntabilitas dan bermanfaat baik secara teknis maupun administratif. Permasalahannya yaitu kurangnya informasi, minimnya pengetahuan lemahnya daya tarik dan kurangnya pembinaan serta pendampingan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan yaitu metode standarisai kompetensi tenaga kontruksi. Langkah yang dilakukan yaitu tahap persiapan, tahap pengguanan perangkat, tahap evaluasi. Dari pelaksaan dapat disimpulkan 1). peningkatan sumber daya manusia (SDM) terutama pengetahuan praktis konstruksi berbasis informasi dan data internet (Daring) kepada peserta, dimasa pandemik covid-19 ini (Mahasiswa / SMK, Pekerja Konstruksi, masyarakat,tukang dan mandor) uji kompetensi tenaga kerja konstruksi di random pada kabupaten/kota di propinsi Lampung. 2) Membantu masyarakat konstruksi untuk dapat lebih efektif (lulus uji) dan sadar akan kebutuhan sertifikasi kompetensi tenaga kerja sesuai dengan amanat UU No.2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi terkhusus di propinsi Lampung.3) Membantu kinerja pemerintah dalam hal ini Balai Besar Pembinaan Jasa Konstruksi Wilayah Sumatera Bagian Selatan dan LPJK Daerah Lampung dalam percepatan kualitas dan kuantitas Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi.
Keywords
References
Anjani, F. (2017). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi
Sebagai Variabel Moderator di PT Telekomunikasi Regional III area Witel Bandung
Muhammad Saroni.(2017).Sertifikasi Keahlian Siswa. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor : 1/BNSP/III/2014 Tentang Pedoman
Penilaian Kesesuaian - Persyaratan Umum Lembaga Sertifikasi Profesi.
Putri, F. A., Yoto, Y., & Sunarto, Y.(2017). Studi Pengelolaan Pelaksanaan Uji Kompetensi
Keahlian di SMK PGRI 3 Malang. Jurnal Pendidikan Profesional, 6(2).
Setyowati, W.(2017). “Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Sebagai Sarana
Peningkatan Sumber Daya Manusia Kompetenâ€. Jurnal Penamas, 1(1)