FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) KOTABUMI KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG
Abstract
Abstrak. Banyak faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam mengambil sebuah keputusan untuk berhubungan dengan sebuah perbankan. Hal tersebut tentu didasari oleh minat yang terdapat pada diri seseorang. Oleh karena itu perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah dalam berhubungan dengan sebuah bank, yang tentunya pada penelitian ini ialah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berperan dalam mempengaruhi minat nasabah terhadap perusahaan tersebut. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh nasabah di BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung, dengan sampel 100 responden yang merupakan nasabah perusahaan tersebut yang telah berhubungan dengan bank tersebut selama lebih dari 1 bulan dan atau yang telah melakukan transaksi lebih dari 1 kali (dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang berisikan analisis untuk mengetahui karakteristik nasabah dan terdapat pengukuran menggunakan skala likert. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor pelayanan, produk, fasilitas dan akses lokasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat nasabah BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung, dan keempat faktor tersebut secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat nasabah BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung. Keempat faktor tersebut juga mempengaruhi minat nasabah sebesar 75,9%, dan sisanya 24,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak di teliti.
Â
Kata kunci: Faktor, Minat, Nasabah, Pengaruh.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmb.v4i2.764
Article Metrics
Abstract view : 1308 times
PDF : 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Abstrak. Banyak faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam mengambil sebuah keputusan untuk berhubungan dengan sebuah perbankan. Hal tersebut tentu didasari oleh minat yang terdapat pada diri seseorang. Oleh karena itu perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah dalam berhubungan dengan sebuah bank, yang tentunya pada penelitian ini ialah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berperan dalam mempengaruhi minat nasabah terhadap perusahaan tersebut. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh nasabah di BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung, dengan sampel 100 responden yang merupakan nasabah perusahaan tersebut yang telah berhubungan dengan bank tersebut selama lebih dari 1 bulan dan atau yang telah melakukan transaksi lebih dari 1 kali (dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang berisikan analisis untuk mengetahui karakteristik nasabah dan terdapat pengukuran menggunakan skala likert. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor pelayanan, produk, fasilitas dan akses lokasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat nasabah BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung, dan keempat faktor tersebut secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat nasabah BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung. Keempat faktor tersebut juga mempengaruhi minat nasabah sebesar 75,9%, dan sisanya 24,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak di teliti.
Â
Kata kunci: Faktor, Minat, Nasabah, Pengaruh.

Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
