FAKTOR-FAKTOR PENENTU EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEGAWAI KPP PRATAMA SEMARANG BARAT PADA PEMBARUAN SISTEM INTI ADMINISTRASI PERPAJAKAN (PSIAP)

Ade Helmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali mengenai sistem apa yang digunakan, bagaimana pelaksanaannya, dan bagaimana efektivitasnya dalam pengembangan kompetensi pegawai KPP Pratama Semarang Barat pada Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP). Manfaat secara teoritik dari penelitian ini untuk manajer khususnya yang membidangi Manajemen Sumber Daya Manusia berdasarkan teori Kapabilitas Dinamis (Dinamic Capabilities), yaitu sebagai bahan evaluasi atas efektivitas pengembangan kompetensi pegawai KPP Pratama Semarang Barat pada PSIAP. Manfaat secara praktik dari penelitian ini bagi KPP Pratama Semarang Barat, khususnya Kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan yang diterapkan dalam rangka pengembangan kompetensi pegawai KPP Pratama Semarang Barat pada PSIAP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam (in depth interview), Observasi, dan Dokumentasi. Faktor-faktor yang menjadi penentu efektivitas pengembangan kompetensi pegawai di KPP Pratama Semarang Barat terkait PSIAP di antaranya dukungan/imbauan/ajakan dari Kepala Kantor selaku Top Leader di KPP Pratama Semarang Barat, agar pegawai mau belajar lebih dalam mengenai PSIAP, kesadaran dari semua pegawai itu sendiri, agar mau untuk belajar mengenai pembaruan tersebut. Mungkin awalnya bisa dipaksakan, hingga lama-kelamaan tumbuh kesadaran dari masing-masing pegawai, mengingat kebutuhan terkait pengetahuan mengenai sistem ini akan segera datang apabila aplikasi telah running, sehingga perlu persiapan sedini mungkin, peran dari para Change Agent di KPP Pratama Semarang Barat dalam melaksanakan pelatihan, sosialisasi, maupun penyebaran informasi terbaru terkait PSIAP kepada seluruh pegawai. Temuan dalam penelitian ini adalah perlu adanya sedikit paksaan dari Kepala Kantor agar pegawai mau mempelajari secara mendalam terkait PSIAP, agar pelaksanaan pengembangan kompetensi pegawai khususnya terkait PSIAP ini dapat lebih efektif.

Keywords


Efektivitas; Pengembangan Kompetensi Pegawai; PSIAP

References


Abdussamad, Z. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Arafah, L. N., et al. 2022. Effect of E-Learning Training Methods and Instructor Competencies on the Effectiveness of Training Mediated by Training Motivation. The International Journal of Social Sciences World Vol. 4 No. 1, January- June 2022, pages: 204~215.

Ayuningtiyas, H. A. et al. 2021. Pengaruh Pelatihan dan E-Learning terhadap Kompetensi Pegawai pada masa Pandemi Covid-19 di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Karawang. e-Proceeding of Management : Vol.8, No.5 Oktober 2021 | Page 6404.

Azizy, R., et al. 2020. Virtual Training On Competency Improvement Bank Mandiri Employees In Covid Pandemic 19. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Vol.22, No. 4, pp. 26 - 29.

Barreto, I. 2010. Dynamic capabilities: A review of past research and an agenda for the future. Journal of management, 36(1), 256-280.

Bleady, A., et al. 2018. Dynamic Capabilities Theory: Pinning Down A Shifting Concept. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, Vol.22.

Caniato, F., et al. (2013). Dynamic capabilities for fashion-luxury supply chain innovation. International Journal of Retail & Distribution Management, 41(11/12), 940-960

Darusman, F., & Wijaya, C. (2020). Kapabilitas Dinamis Sektor Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 16, Nomor 1, Juli 2020: 1-12

Ellis, P. F., et al. 2014. Corporate Elearning Impact On Employees. Global Journal of Business Research, Volume 8, Number 4.

Eisenhardt, K.M., et al. 2000. Dynamic capabilities: what are they? Strategic Management Journal, 21(10-11), 1105-1121.

Gopal, R., et al. 2021. Impact of online classes on the satisfaction and performance of students during the pandemic period of COVID 19. Education and Information Technologies (2021) 26:6923–6947.

Groenewald, T., 2004. A phenomenological research design illustrated. International Journal of Qualitative Methods, 3(1), pp.42-55

Hamid, H. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung : Pustaka Setia, h. 125.

Kamal, K., B., et al. 2016. E-Training & Employees’ Performance a Practical Study on the Ministry of Education in the Kingdom of Bahrain. Journal of Resources Development and Management www.iiste.org ISSN 2422-8397 An International Peer-reviewed Journal Vol.18.

Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung, h. 24

Milles, M, B. & Huberman, M. 1992. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Neo, B. S., & Chen, G. 2007. Dynamic Governance: Embedding Culture, Capabilities And Change In Singapore (English Version): World Scientific.

Piening, E. P. 2013. Dynamic Capabilities in Public Organizations. Public Management Review, 15(2), 209-245. doi:10.1080/14719037.2012.708358

Siagian, S. P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24967/jims.v10i1.2803

Article Metrics

Abstract view : 923 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 327 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License