KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIPENGARUHI KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melakukan analisis apakah terdapat pengaruh antara variable bebas yaitu Kualitas Produk (X1), Persepsi Harga (X2), dan Lokasi (X3) terhadap variable terikat yaitu Keputusan Pembelian (Y) secara simultan maupun parsial, dalam konteks perusahaan yang berdiri dibidang kuliner. Dalam penelitian ini diperoleh sebanyak 80 responden dengan metode skala likert dan ditambah 30 responden untuk dilakukan uji validitas dan realibilitas. Metode kuantitatif kami gunakan dengan regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 24 untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial. Didapatkan hasil bahwa secara simultan ketiga variable bebas terdapat pengaruh terhadap variable terikat yaitu kualitas produk, persepsi harga, dan lokasi. Secara parsial terdapat dua variable bebas tidak berpengaruh terhadap variable terikat yaitu kualitas produk dan persepsi harga, sedangkan variable lokasi pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Keywords
Keputusan Pembelian; Kualitas Produk; Persepsi Harga; Lokasi
References
Adam, M. (2015). Manajemen pemasaran jasa. (F. Irham, Ed.), Pena Persada Redaksi. Alfabeta. Adonis, M. R., & Silintowe, Y. B. R. (2021). Desain Produk, Kualitas Produk, Citramerek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y. Jurnal CAPITAL, 4(1), 118–138. Andreti, J., Zhafira, N. H., Akmal, S. S., & Kumar, S. (2013). The Analysis of Product, Price, Place, Promotion and Service Quality on Customers’ Buying Decision of Convenience Store: A Survey of Young Adult in Bekasi, West Java, Indonesia. International Journal of Advances in Management and Economics , 2(6), 72–78. Retrieved from www.managementjournal.info Ardista, R., & Wulandari, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 1–13. https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1156 Biantoro, R. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Martabak Bapr. Performa, 6(1), 40–49. https://doi.org/10.37715/jp.v6i1.1911 Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2664 Deviana, E., Situmorang, B., Gultom, R., Nadapdap, K., & Sihite, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Amanda Brownies, 6(1), 38–49. Dharma, W. S. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian Produk Kanzenna Food. Performa, 4(4), 570–578. https://doi.org/10.37715/jp.v4i4.1669 Firmansyah, A. (2018). Perilaku konsumen. CV. Budi Utama. Gorham, L. M., Rumble, J. N., & Holt, J. (2015). The Impact of Local: Exploring Availability and Location on Food Buying Decisions. Journal of Applied Communications, 99(2). https://doi.org/10.4148/1051-0834.1046 Hardiansyah, F., Nuhung, M., & Rasulong, I. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Singapore Di Kota Makassar, 90–107. Hasanah, T., Hestin, & Hardiyansyah. (2021). Effects of Product Quality and Promotion on Purchase Decision: A Case Study of The Lanang Suhang Soluble Coffee In Lahat Regency. International Journal of Scientific Research and Management, 9(12), 2765–2775. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v9i12.em6 Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan, 9(2), 80–101. Ida, Z., & Hidayati, I. N. (2020). Brand Image and Product Quality Against Purchase Decision: Sariayu hijab shampoo competitive environment. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 469(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/469/1/012109 Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2008). Manajemen pemasaran jasa. (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani, Eds.) (12 jilid 1). Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip, Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles Of Marketing (Global Edi). Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2008). Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 2. (M. Adi, Ed.) (13 jilid 2). Jakarta: Erlangga. Kotler, Philp, Amstrong, G., Harris, L. C., & Piercy, N. (2017). Principle of marketing 7th Europe edition (7th Europe). Laksana, F. (2008). Manajemen pemasaran pendekatan praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu. Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen pemasaean jasa (edisi 3). Marsum, W. (2005). Restoran Dan Segala Permasalahnnya. Yogyakarta: Andi. Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal Emba, 9(3), 1077–1086. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35296/33013 Mukaromah, A. L., Kusuma, I. G. N. A. E. T., & Anggraini, N. P. N. (2019). The Effect of Green Marketing, Brand Awareness and Price Perception on Purchase Decision. International Journal of Applied Business and International Management, 4(3), 75–83. https://doi.org/10.32535/ijabim.v4i3.685 Nugroho, R. W., Triyani, D., & Prapti, L. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cafe Riilfians and Bistro Pati. Solusi, 18(2). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i2.2303 Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–11. Peter, P., & Olson, J. (2014). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Erlangga. Jakarta. Jakarta: Salemba Empat. Rafli, R. A., & Tjahjaningsih, E. (2022). The Influence Of Product Quality, Price Perception, And Location On Purchase Decisions And Their Impact On Consumer Satisfaction Promise Souls Mall Tentrem Semarang. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2505–2516. Retrieved from http://journal.yrpipku.com/index.php/msej Saputro, A., & Khasanah, I. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Floo Cafe Ungaran). Diponegoro Journal Of Management, 5(4), 1–14. Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Suleman, D., Saputra, F., Sugiyah, Aprillia, Martias, A., Lutfia, R., … Rulando, R. P. (2022). The Effect Of Product Quality And Promotion On Customer Purchase Decisions Of Pizza Hut Restaurant In The City Of Tangerang Selatan With Price As Intervening Variable, 3(6), 64–70. Sutrisno, T. F. C. W., Gosal, G. G., & Hernandes, S. F. (2020). The Role of Product Quality and Price Perception in affecting Purchase Decision (Study on Milkmo Product). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(3), 95. https://doi.org/10.31253/pe.v18i3.398 Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). service, quality dan satisfaction (edisi 4). YOgyakarta: C.V ANDI OFFSET. Widyasari, S., Maskur, A., Setiawan, M. B., & Sugiarto, T. (2019). The Effect of Motive, Product Quality, Price Perception and Brand Image toward Buying Decision Process, 86(Icobame 2018), 91–95. https://doi.org/10.2991/icobame-18.2019.20
. A., Habe, H., Eddy, K., & . N. (JAMS). Upaya Meningkatkan Produksi Kelanting Warga Dusun Pendowo Desa Roworejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. https://jurnal.saburai.id/index.php/JAMS/article/view/1038
. F., & Suhendi, C. (2020). The Effect of Visual Merchandising, Store Atmosphere, and Emotional Response On Impulsive Purchases. JBMR. https://profesionalmudacendekia.com/index.php/jbmr/article/view/43
. N., & Mahardika, V. M. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kabupaten Lampung Selatan. JMMS. https://jurnal.saburai.id/index.php/jmms/article/view/794
Ariswandy, D., & Habe, H. (2020). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Kantor Biro Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Lampung. JIMS. https://jurnal.saburai.id/index.php/JIMS/article/view/1099
Josiah, T. (n.d.). Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Sekretariat Penggerak Pkk Kota Bandar Lampung. EKOMBIS. https://www.jurnal.saburai.id/index.php/manajemen/article/view/471
Nur’aeni, ., & Ariffin, . (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan. EKOMBIS. https://jurnal.saburai.id/index.php/manajemen/article/view/1278
Trisnowati Josiah. (2021). Manajerial Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Kinerja. Saburai Press.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmb.v9i1.2104
Article Metrics
Abstract view : 1598 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 826 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melakukan analisis apakah terdapat pengaruh antara variable bebas yaitu Kualitas Produk (X1), Persepsi Harga (X2), dan Lokasi (X3) terhadap variable terikat yaitu Keputusan Pembelian (Y) secara simultan maupun parsial, dalam konteks perusahaan yang berdiri dibidang kuliner. Dalam penelitian ini diperoleh sebanyak 80 responden dengan metode skala likert dan ditambah 30 responden untuk dilakukan uji validitas dan realibilitas. Metode kuantitatif kami gunakan dengan regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 24 untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial. Didapatkan hasil bahwa secara simultan ketiga variable bebas terdapat pengaruh terhadap variable terikat yaitu kualitas produk, persepsi harga, dan lokasi. Secara parsial terdapat dua variable bebas tidak berpengaruh terhadap variable terikat yaitu kualitas produk dan persepsi harga, sedangkan variable lokasi pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Keywords
References
Adam, M. (2015). Manajemen pemasaran jasa. (F. Irham, Ed.), Pena Persada Redaksi. Alfabeta. Adonis, M. R., & Silintowe, Y. B. R. (2021). Desain Produk, Kualitas Produk, Citramerek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y. Jurnal CAPITAL, 4(1), 118–138. Andreti, J., Zhafira, N. H., Akmal, S. S., & Kumar, S. (2013). The Analysis of Product, Price, Place, Promotion and Service Quality on Customers’ Buying Decision of Convenience Store: A Survey of Young Adult in Bekasi, West Java, Indonesia. International Journal of Advances in Management and Economics , 2(6), 72–78. Retrieved from www.managementjournal.info Ardista, R., & Wulandari, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 1–13. https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1156 Biantoro, R. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Martabak Bapr. Performa, 6(1), 40–49. https://doi.org/10.37715/jp.v6i1.1911 Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2664 Deviana, E., Situmorang, B., Gultom, R., Nadapdap, K., & Sihite, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Amanda Brownies, 6(1), 38–49. Dharma, W. S. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian Produk Kanzenna Food. Performa, 4(4), 570–578. https://doi.org/10.37715/jp.v4i4.1669 Firmansyah, A. (2018). Perilaku konsumen. CV. Budi Utama. Gorham, L. M., Rumble, J. N., & Holt, J. (2015). The Impact of Local: Exploring Availability and Location on Food Buying Decisions. Journal of Applied Communications, 99(2). https://doi.org/10.4148/1051-0834.1046 Hardiansyah, F., Nuhung, M., & Rasulong, I. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Singapore Di Kota Makassar, 90–107. Hasanah, T., Hestin, & Hardiyansyah. (2021). Effects of Product Quality and Promotion on Purchase Decision: A Case Study of The Lanang Suhang Soluble Coffee In Lahat Regency. International Journal of Scientific Research and Management, 9(12), 2765–2775. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v9i12.em6 Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan, 9(2), 80–101. Ida, Z., & Hidayati, I. N. (2020). Brand Image and Product Quality Against Purchase Decision: Sariayu hijab shampoo competitive environment. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 469(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/469/1/012109 Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2008). Manajemen pemasaran jasa. (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani, Eds.) (12 jilid 1). Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip, Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles Of Marketing (Global Edi). Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2008). Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 2. (M. Adi, Ed.) (13 jilid 2). Jakarta: Erlangga. Kotler, Philp, Amstrong, G., Harris, L. C., & Piercy, N. (2017). Principle of marketing 7th Europe edition (7th Europe). Laksana, F. (2008). Manajemen pemasaran pendekatan praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu. Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen pemasaean jasa (edisi 3). Marsum, W. (2005). Restoran Dan Segala Permasalahnnya. Yogyakarta: Andi. Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal Emba, 9(3), 1077–1086. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35296/33013 Mukaromah, A. L., Kusuma, I. G. N. A. E. T., & Anggraini, N. P. N. (2019). The Effect of Green Marketing, Brand Awareness and Price Perception on Purchase Decision. International Journal of Applied Business and International Management, 4(3), 75–83. https://doi.org/10.32535/ijabim.v4i3.685 Nugroho, R. W., Triyani, D., & Prapti, L. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cafe Riilfians and Bistro Pati. Solusi, 18(2). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i2.2303 Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–11. Peter, P., & Olson, J. (2014). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Erlangga. Jakarta. Jakarta: Salemba Empat. Rafli, R. A., & Tjahjaningsih, E. (2022). The Influence Of Product Quality, Price Perception, And Location On Purchase Decisions And Their Impact On Consumer Satisfaction Promise Souls Mall Tentrem Semarang. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2505–2516. Retrieved from http://journal.yrpipku.com/index.php/msej Saputro, A., & Khasanah, I. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Floo Cafe Ungaran). Diponegoro Journal Of Management, 5(4), 1–14. Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Suleman, D., Saputra, F., Sugiyah, Aprillia, Martias, A., Lutfia, R., … Rulando, R. P. (2022). The Effect Of Product Quality And Promotion On Customer Purchase Decisions Of Pizza Hut Restaurant In The City Of Tangerang Selatan With Price As Intervening Variable, 3(6), 64–70. Sutrisno, T. F. C. W., Gosal, G. G., & Hernandes, S. F. (2020). The Role of Product Quality and Price Perception in affecting Purchase Decision (Study on Milkmo Product). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(3), 95. https://doi.org/10.31253/pe.v18i3.398 Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). service, quality dan satisfaction (edisi 4). YOgyakarta: C.V ANDI OFFSET. Widyasari, S., Maskur, A., Setiawan, M. B., & Sugiarto, T. (2019). The Effect of Motive, Product Quality, Price Perception and Brand Image toward Buying Decision Process, 86(Icobame 2018), 91–95. https://doi.org/10.2991/icobame-18.2019.20
. A., Habe, H., Eddy, K., & . N. (JAMS). Upaya Meningkatkan Produksi Kelanting Warga Dusun Pendowo Desa Roworejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. https://jurnal.saburai.id/index.php/JAMS/article/view/1038
. F., & Suhendi, C. (2020). The Effect of Visual Merchandising, Store Atmosphere, and Emotional Response On Impulsive Purchases. JBMR. https://profesionalmudacendekia.com/index.php/jbmr/article/view/43
. N., & Mahardika, V. M. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kabupaten Lampung Selatan. JMMS. https://jurnal.saburai.id/index.php/jmms/article/view/794
Ariswandy, D., & Habe, H. (2020). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Kantor Biro Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Lampung. JIMS. https://jurnal.saburai.id/index.php/JIMS/article/view/1099
Josiah, T. (n.d.). Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Sekretariat Penggerak Pkk Kota Bandar Lampung. EKOMBIS. https://www.jurnal.saburai.id/index.php/manajemen/article/view/471
Nur’aeni, ., & Ariffin, . (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan. EKOMBIS. https://jurnal.saburai.id/index.php/manajemen/article/view/1278
Trisnowati Josiah. (2021). Manajerial Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Kinerja. Saburai Press.

Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
