Pengaruh Faktor Lingkungan Dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Di Lampung Barat

Neli Anggraini

Abstract


Faktor lingkungan dan strategi pemasaran merupakan salah satu untuk mengukur keberhasilan sebuah usaha karena merupakan variabel ini diyakini mampu untuk meningkatkan kinerja pemasaran pada pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor lingkungan dan strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UMKM. Dan untuk pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada responden. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 Responden. Uji Statistik dilakukan dengan menggunakan Smart PLS 3, dari dua hipotesis yang diajukan satu faktor lingkungan yang berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan yang kedua strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kata kunci : Faktor Lingkungan dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Hidayah, A., & Purnadi. (2017). Dimoderasi Oleh Lingkungan Persaingan Pada Industri Batik Sokaraja , Kabupaten Banyumas. Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis 2017 “Perkembangan Konsep Dan Riset E-Business Di Indonesia, 2005, 182–192.

Khamidah, N. (2005). Analisis Pengaruh Faktor Lingkungan terhadap Inovasi Hidayah, A., & Purnadi. (2017). Dimoderasi Oleh Lingkungan Persaingan Pada Industri Batik Sokaraja , Kabupaten Banyumas. Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis 2017 “Perkembangan Konsep Dan Riset E-Business Di Indonesia, 2005, 182–192.

Khamidah, N. (2005). Analisis Pengaruh Faktor Lingkungan terhadap Inovasi Produk dan Kreativitas Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran. In Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Vol. 4, Issue 3, pp. 231–246). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/13940

Eriyanafita, I. (2008). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR SEBAGAI VARIABEL MODERAT ( Studi pada industri kerajinan batik di Pekalongan ).

Lestari, R., & Elwisam. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif dan Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, JRMB Vol. 4, No 2, Juni 2019: 277-286

Listyarso, A. (2005). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran dan Kinerja Perusahaan Dengan Lingkungan Persaingan Sebagai Variabel Modersting

Sucitro, R. (2002). Pengaruh Lingkungan Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Strategi Pemasaran Pada Usaha Jasa Laundry Di Surabaya. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1(1), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmb.v7i2.1403

Article Metrics

Abstract view : 2852 times
PDF : 5429 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License