ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA PT. ERA GLOBAL PRIORITAS DI BANDAR LAMPUNG

Maria Elina, Rahmat Tullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang digunakan oleh PT. Era Global Prioritas dan merekomendasikan prioritas strategi yang dianalisis dengan metode deskriptif dan tahapan formulasi-formulasi yaitu matriks IFE dan EFE, matriks IE, SWOT dan pemilihan alternatif strategi prioritas dengan menggunakan metode QSPM. Hasil penelitian berdasarkan matriks IFE dan EFE diperoleh total nilai sebesar 3.62 dan 3.05. Hasil perumusan dan pemetaan matriks IE PT. Era Global Priorits berada pada posisi Growth and Build (tumbuh dan bangun). Berdasarkan posisi perusahaan tersebut alternatif strategi yang tepat untuk digunakan oleh perusahaan adalah strategi insentif (penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk). Hasil analisis SWOT dihasilkan 8 stategi yang kemudian diprioritaskan dengan metode QSPM yaitu Memperluas pangsa pasar melakukan promosi yang efektif dan efisien dengan jumlah nilai daya tarik (STAS) tertinggi sebesar 3.22. rekomendasi untuk PT. Era Global Prioritas sebaiknya terus melakukan perluasan  jalinan kerjasama dengan berbagai pihak, manajemen mutu produk, meningkatkan efektifitas promosi, melakukan evaluasi pemasaran, meningkatkan promosi baik melalui internet baik media sosial maupun website, melakukan inovasi pemasaran, dan melakukan inovasi produk.

Keywords


Matriks IFE dan Matriks EFE, Matriks IE, Strategi Bisnis, Analisis SWOT, QSPM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24967/jmb.v7i1.1270

Article Metrics

Abstract view : 1567 times
PDF : 2244 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License