Penguatan Kesadaran Hukum terhadap Penggunaan Sosial Media di Desa Bernung, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran
Abstract
Media sosial menjadi sarana komunikasi utama yang tidak hanya mempengaruhi interaksi sosial, tetapi juga melibatkan aspek hukum yang penting untuk dipahami dan diatur dengan baik. Meningkatnya prevalensi dan dampak negatif penyalahgunaan media sosial di lingkungan masyarakat pedesaan menjadikan perlunya kesadaran dan pemahaman yang lebih dalam tentang penggunaannya. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan edukasi hukum kepada masyarakat Desa Bernung mengenai aspek hukum media sosial, termasuk mengenali dampak positif dan negatif penggunaannya, serta memberikan strategi cerdas dalam bersosial media. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan melalui penyuluhan dengan mengundang narasumber ahli dari Fakultas Hukum Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai dan mengadakan sesi tanya jawab kepada peserta. Kegiatan dilaksanakan pada hari minggu, 15 april 2023 di Bala Desa Bernung, kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh kepala desa bernung, aparat desa, dan warga masyarakat Desa Bernung. Hasilnya menunjukkan bahwa masyarakat Desa Bernung menyambut baik kegiatan ini dengan tingkat partisipasi yang tinggi. Mereka memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang regulasi hukum terkait media sosial, mengidentifikasi potensi risiko seperti penyebaran informasi palsu dan perundungan online, serta memperoleh strategi untuk menghindari dampak negatif tersebut. Kegiatan ini berhasil meningkatkan literasi digital masyarakat dan memberikan bekal dalam mengelola interaksi online secara aman dan bertanggung jawab. Dengan demikian, pengabdian masyarakat ini memberikan kontribusi positif dalam membangun kesadaran hukum dan kesejahteraan sosial di Desa Bernung.
Keywords
Media Sosial; Edukasi Hukum; Keterlibatan Masyarakat; Literasi Digital; Keamanan Daring
References
Apriani, E., Permana, I., & Asmoro, F. B. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Sosial Media, Teknologi Informasi, dan Minat Berwirausaha Terhadap Entrepreneurship. Jurnal Lentera Bisnis, 13(2), 1072–1082.
Cahya, M. N., Ningsih, W., & Lestari, A. (2023). Dampak media sosial terhadap kesejahteraan psikologis remaja: tinjauan pengaruh penggunaan media sosial pada kecemasan dan depresi remaja. Jurnal Sosial Teknologi, 3(8), 704–706.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157. https://doi.org/10.1201/ebk1439811924-14
Endarwati, E. T., & Ekawarti, Y. (2021). Efektifitas Penggunaan Sosial Media Tik Tok Sebagai Media Promosi Ditinjau Dari Perspektif Buying Behaviors. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 4(1), 112–120.
Fahrudin, A., & Billah, S. A. (2023). Modeling Manajemen Informasi dan Verifikasi Berita Menjelang Pemilu dan Pemilihan 2024: Sebuah Studi Preliminary tentang Upaya Mencegah Black Campaign dan Hoax. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 4(2), 212–232.
Fitriani, Y. (2017). Analisis pemanfaatan berbagai media sosial sebagai sarana penyebaran informasi bagi masyarakat. Paradigma, 19(2), 148–152.
Gaol, R. A. L., Pahlepi, R., Safitri, M., Faithya, K. N., Saleh, K., Haqi, M. F. R. A., Pangestu, D. F. D., Rahmansyah, F., & Yanti, A. L. M. (2023). Penyuluhan dan Sosialisasi Stop Bullying Terhadap Pelajar SD dan SMP di Pekon Dadapan, Kecamatan Sumber Rejo, Kabupaten Tanggamus. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 4(02), 145–154.
Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(2), 13–23.
Kusumasari, D., & Arifianto, S. (2020). Makna Teks Ujaran Kebencian Pada Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 12(1), 1–15.
Laksana, T. G., & Mulyani, S. (2024). Pengetahuan Dasar Identifikasi Dini Deteksi Serangan Kejahatan Siber Untuk Mencegah Pembobolan Data Perusahaan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(01), 109–122.
Muhtar, A. A. (2021). Ruang Publik dan Dakwah di Media Sosial. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 21(01), 22–41.
Purnajaya, A. R., & Pernando, Y. (2023). Analisa Sentimen Informasi Hoaks Pasca Pandemi Covid-19 Dengan Text Mining. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 4(3), 460–469.
Purwanti, Y., Rachman, F., Gunawan, T., & Kartadinata, A. (2023). Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Penipuan Dengan Metode Phising Oleh Kepolisian Daerah Lampung. Audi Et AP : Jurnal Penelitian Hukum, 2(01), 64–71. https://doi.org/10.24967/jaeap.v2i01.2088
Sari, D., Dewi, A. S., Safitri, M., Rozi, M. F., Iman, M., & Pradana, K. C. (2022). Peningkatan Kompetensi Siswa dalam Berwirausaha di Era Society 5 . 0 Melalui Penyuluhan Digital Marketing dan Fintech di SMKN 1 Tegineneng. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(3), 695–703.
DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v5i01.3126
Article Metrics
Abstract view : 627 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 230 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Apriani, E., Permana, I., & Asmoro, F. B. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Sosial Media, Teknologi Informasi, dan Minat Berwirausaha Terhadap Entrepreneurship. Jurnal Lentera Bisnis, 13(2), 1072–1082.
Cahya, M. N., Ningsih, W., & Lestari, A. (2023). Dampak media sosial terhadap kesejahteraan psikologis remaja: tinjauan pengaruh penggunaan media sosial pada kecemasan dan depresi remaja. Jurnal Sosial Teknologi, 3(8), 704–706.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157. https://doi.org/10.1201/ebk1439811924-14
Endarwati, E. T., & Ekawarti, Y. (2021). Efektifitas Penggunaan Sosial Media Tik Tok Sebagai Media Promosi Ditinjau Dari Perspektif Buying Behaviors. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 4(1), 112–120.
Fahrudin, A., & Billah, S. A. (2023). Modeling Manajemen Informasi dan Verifikasi Berita Menjelang Pemilu dan Pemilihan 2024: Sebuah Studi Preliminary tentang Upaya Mencegah Black Campaign dan Hoax. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 4(2), 212–232.
Fitriani, Y. (2017). Analisis pemanfaatan berbagai media sosial sebagai sarana penyebaran informasi bagi masyarakat. Paradigma, 19(2), 148–152.
Gaol, R. A. L., Pahlepi, R., Safitri, M., Faithya, K. N., Saleh, K., Haqi, M. F. R. A., Pangestu, D. F. D., Rahmansyah, F., & Yanti, A. L. M. (2023). Penyuluhan dan Sosialisasi Stop Bullying Terhadap Pelajar SD dan SMP di Pekon Dadapan, Kecamatan Sumber Rejo, Kabupaten Tanggamus. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 4(02), 145–154.
Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(2), 13–23.
Kusumasari, D., & Arifianto, S. (2020). Makna Teks Ujaran Kebencian Pada Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 12(1), 1–15.
Laksana, T. G., & Mulyani, S. (2024). Pengetahuan Dasar Identifikasi Dini Deteksi Serangan Kejahatan Siber Untuk Mencegah Pembobolan Data Perusahaan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(01), 109–122.
Muhtar, A. A. (2021). Ruang Publik dan Dakwah di Media Sosial. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 21(01), 22–41.
Purnajaya, A. R., & Pernando, Y. (2023). Analisa Sentimen Informasi Hoaks Pasca Pandemi Covid-19 Dengan Text Mining. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 4(3), 460–469.
Purwanti, Y., Rachman, F., Gunawan, T., & Kartadinata, A. (2023). Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Penipuan Dengan Metode Phising Oleh Kepolisian Daerah Lampung. Audi Et AP : Jurnal Penelitian Hukum, 2(01), 64–71. https://doi.org/10.24967/jaeap.v2i01.2088
Sari, D., Dewi, A. S., Safitri, M., Rozi, M. F., Iman, M., & Pradana, K. C. (2022). Peningkatan Kompetensi Siswa dalam Berwirausaha di Era Society 5 . 0 Melalui Penyuluhan Digital Marketing dan Fintech di SMKN 1 Tegineneng. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(3), 695–703.

JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
