PELATIHAN MASYARAKAT DESA MENGENAI CARA PENJUALAN ONLINE SERTA PEMANFAATAN APLIKASI MARKETPLACE

Yuliana Yamin, Kinanti Nurul Faithya, Meilinda Safitri, Tedi Gunawan

Abstract


Tujuan Pengabdian ini adalah untuk memberi pelatihan kepada masyarakat mengenai cara menjual produk mereka di berbagai media (seperti web, media sosial, marketplace). Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Roworejo Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Sasaran dari kegiatan ini adalah anggota masyarakat umum yang ada di desa tersebut dari berbagai usia. Materi yang diberikan adalah cara penjualan online melalui media sosial, termasuk cara pembuatan toko online di marketplace. Pelatihan dilakukan selama dua hari dengan total 24 peserta. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah dan praktik langsung. Media yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ponsel yang terkoneksi internet. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa masyarakat sudah paham mengenai cara penjualan produk di berbagai media dan dapat membuat toko online sendiri dengan memanfaatkan media sosial dan marketplace.

Keywords


Marketplace; Media Sosial; Online; Pelatihan; Penjualan

References


R. Ratna Gumilang, “Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri,†Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 9–14, 2019, doi: 10.32670/coopetition.v10i1.25.

N. S. B. Maria and T. Widayati, “Dampak Perkembangan Ekonomi Digital terhadap Perilaku Pengguna Media Sosial dalam Melakukan Transaksi Ekonomi,†J. Konsep Bisnis dan Manaj., vol. 6, no. 2, pp. 234–239, 2020, doi: 10.31289/jkbm.v6i2.3801.

T. Pradiani, “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan,†J. Ilm. Bisnis dan Ekon. Asia, vol. 11, no. 2, pp. 46–53, 2017, doi: 10.32812/jibeka.v11i2.45.

M. Y. D. Mukti, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar),†Ris. Mhs. Ekon., vol. 2, no. 1, pp. 89–110, 2015.

A. N. Nurhayati, A. Josi, and N. A. Hutagalung, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Dan Pembelian Barang Pada Koperasi Kartika Samara Grawira Prabumulih,†J. Teknol. dan Inf., vol. 7, no. 2, pp. 13–23, 2018, doi: 10.34010/jati.v7i2.490.

D. Sari, N. Azriya, A. Anum, and H. Devi, “PENYULUHAN DIGITAL MARKETING UNTUK USAHA RUMAHAN DI KELURAHAN TANJUNG BARU KEC. KEDAMAIAN,†J. Abdi Ilmu, vol. 2, no. 2, pp. 88–93, 2021.

E. Fantini, M. Sofyan, and A. Suryana, “Optimalisasi Sosial Media Sebagai Sarana Promosi Usaha Kecil Menengah Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19,†J. Ekon. Manajemen, Bisnis Dan Sos., vol. 1, no. 2, pp. 126–131, 2021, doi: 10.5281/ZENODO.4575272.

W. Ana, T. D. F. Sophan, C. Nisa, and D. A. Sanggarwati, “Pengaruh Pemasaran Media Online Dan Marketplace Terhadap Tingkat Penjualan Produk UMKM CN Collection Di Sidoarjo,†Media Mahard., vol. 19, no. 3, pp. 517–522, 2021, doi: 10.29062/mahardika.v19i3.274.

K. Rahmawati, “Pelatihan Penjualan Online Menggunakan Marketplace Pada UKM Di Bantul,†Dharma LPPM, vol. 2, no. 1, pp. 79–85, 2021, doi: 10.31315/dlppm.v2i1.4794.

D. S. Melani, M. Ahyanti, and D. Ginting, “GAMBARAN SANITASI PEMUKIMAN DI DESA ROWOREJO KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2020,†Ruwa Jurai J. Kesehat. Lingkung., vol. 15, no. 2, pp. 92–100, 2020.

K. Kuswarak, N. Nuzleha, Y. Yamin, and A. I. Saputra, “Pendampingan Petani Gula Aren Sawit di Desa Roworejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran,†Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 337–342, 2020, doi: 10.24967/psn.v1i1.849.

Ahiruddin, H. Habe, K. Eddy, and Nelson, “Upaya Meningkatkan Produksi Kelanting Warga Dusun Pendowo Desa Roworejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 1, no. 2, pp. 33–41, 2020, doi: 10.24967/jams.v1i02.1038.

A. S. Dewi, A. Pujiati, A. Sarifudin, and R. Y. Winata, “Pembinaan Dan Pendampingan Umkm Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Pada Masyarakat Pesisir,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 2, no. 1, pp. 52–59, 2021, doi: 10.24967/jams.v2i01.1240.

N. W. E. Wijayanti et al., “Pelatihan Bisnis Online Menggunakan Aplikasi Shopee,†JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 5, no. 1, pp. 206–215, 2021.

E. Kurniawati, A. Santoso, and S. Y. Widowati, “Pelatihan Pemasaran Online Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) “SRIKANDI",†JIPEMAS J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 132–138, 2019, doi: 10.33474/jipemas.v2i2.2722.




DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v3i1.1543

Article Metrics

Abstract view : 206 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License