DIGITAL EKONOMI BISNIS UNTUK UMKM DENPASAR PADA MASA RESESI EKONOMI
Abstract
Saat ini perkembangan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 ini semakin merosot. Terlalu banyak dampak yang ditimbulkan. Dampak negatif yang dihasilkan begitu besar pengaruhnya bagi perekonomian masyarakat Indonesia. Maka dari itu perlu dilakukannya kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran dan menumbuhkembangkan edukasi masyarakat terutamanya generasi penerus bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Tim dari STMIK Primakara bekerja sama dengan Relawan TIK Provinsi Bali melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Digital Ekonomi Untuk UMKM Pada Masa Resesi Ekonomiâ€. Yang memiliki tujuan untuk mengedukasi pelaku UMKM agar bisa bersaing di zaman yang serba digital, disamping itu agar mampu mempersiapkan pengembangan bisnis dibidang teknologi. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia bisa dibilang bertumbuh pesat. Sangat potensial untuk bisa go Internasional. Walaupun adanya perbatasan skala besar atau PSBB, disini peran ilmu teknologi untuk mengembangkan bisnis. Kegiatan ini diikuti oleh pelaku UMKM wilayah Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode sinkron menggunakan live streaming di youtube Relawan TIK Provinsi Bali. Hasil dari kegiatan ini adalah UMKM dapat memahami bagaimana menentukan pasar sasaran, strategi pemasaran yang akan digunakan untuk memasarkan produknya. Selain itu juga memiliki keterampilan dalam pemanfaatan teknologi khususnya dalam media social untuk dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai media promosi dan penjualan.
Keywords
Digital Ekonomi Bisnis; Resesi Ekonomi; UMKM
References
N. T. S. Saptadi, “Dampak Corona Bagi Perekonomian Indonesia,†Trib. Makassar, pp. 12–28, 2020.
Aknolt Kristian Pakpahan, “COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Prawirokusumo,†PT Gramedia, no. 434, pp. 1–32, 2020.
dan H. S. Beery, Albert., Edgard Rodriguez, “Small and Medium Entreprise Dynamics In Indonesia,†Bull. Indones. Econ. Stud. Vol 37, no. 2, pp. 1–5, 2018.
Mandasari and Jayanti, “Resesi Ekonomi,†PT. Erlangga, Jakarta., 2017.
R. R. I Nyoman Sutama, Wahyu Haryadi, “Manajemen business cycle sebagai basis peluang usaha pasca covid – 19,†J. Bisnsis, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2020.
S. Prawirokusumo, “Ekonomi Rakyat: Konsep, Kebijakan, dan Strategi,†PT Grasindo Jakarta, no. 301, p. 5559, 2017.
DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v2i01.1241
Article Metrics
Abstract view : 2253 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1860 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Saat ini perkembangan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 ini semakin merosot. Terlalu banyak dampak yang ditimbulkan. Dampak negatif yang dihasilkan begitu besar pengaruhnya bagi perekonomian masyarakat Indonesia. Maka dari itu perlu dilakukannya kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran dan menumbuhkembangkan edukasi masyarakat terutamanya generasi penerus bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Tim dari STMIK Primakara bekerja sama dengan Relawan TIK Provinsi Bali melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Digital Ekonomi Untuk UMKM Pada Masa Resesi Ekonomiâ€. Yang memiliki tujuan untuk mengedukasi pelaku UMKM agar bisa bersaing di zaman yang serba digital, disamping itu agar mampu mempersiapkan pengembangan bisnis dibidang teknologi. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia bisa dibilang bertumbuh pesat. Sangat potensial untuk bisa go Internasional. Walaupun adanya perbatasan skala besar atau PSBB, disini peran ilmu teknologi untuk mengembangkan bisnis. Kegiatan ini diikuti oleh pelaku UMKM wilayah Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode sinkron menggunakan live streaming di youtube Relawan TIK Provinsi Bali. Hasil dari kegiatan ini adalah UMKM dapat memahami bagaimana menentukan pasar sasaran, strategi pemasaran yang akan digunakan untuk memasarkan produknya. Selain itu juga memiliki keterampilan dalam pemanfaatan teknologi khususnya dalam media social untuk dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai media promosi dan penjualan.
Keywords
References
N. T. S. Saptadi, “Dampak Corona Bagi Perekonomian Indonesia,†Trib. Makassar, pp. 12–28, 2020.
Aknolt Kristian Pakpahan, “COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Prawirokusumo,†PT Gramedia, no. 434, pp. 1–32, 2020.
dan H. S. Beery, Albert., Edgard Rodriguez, “Small and Medium Entreprise Dynamics In Indonesia,†Bull. Indones. Econ. Stud. Vol 37, no. 2, pp. 1–5, 2018.
Mandasari and Jayanti, “Resesi Ekonomi,†PT. Erlangga, Jakarta., 2017.
R. R. I Nyoman Sutama, Wahyu Haryadi, “Manajemen business cycle sebagai basis peluang usaha pasca covid – 19,†J. Bisnsis, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2020.
S. Prawirokusumo, “Ekonomi Rakyat: Konsep, Kebijakan, dan Strategi,†PT Grasindo Jakarta, no. 301, p. 5559, 2017.

JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
