PENERAPAN MEREK DAN DIGITAL MARKETING DALAM PRODUKSI PANGAN BERAS DESA BANJARSARI
Abstract
Tujuan dari Pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan para petani di desa Banjarsari mengenai merek dan membantu mengembangkan pangsa pasar dalam mengenalkan produk beras dengan menerapkan Digital Marketing dengan memanfaatkan teknologi. Pengabdian ini ditujukan kepada masyarakat (petani) di desa Banjarsari. Solusi yang ditawarkan adalah 1) Memberikan sosialisasi bagi masyarakat di desa Banjarsari mengenai kondisi perilaku konsumen di masa pandemi agar dapat menyikapi kondisi dan memanfaatkan peluang yang ada; 2) sosialisasi mengenai pentingnya merek sebagai identitas suatu produk sehingga dapat digunakan sebagai media pemasaran secara offline maupun online; dan 3) membuat desain merek dan produksi cetak kemasan serta memberikan pelatihan Digital Marketing sehingga akses penjualan semakin meningkat. Hasil dari kegiatan ini adalah 1) sosialisasi dan penyuluhan terkait pengetahuan mengenai kondisi dan perilaku konsumen di masa pandemi serta memanfaatkan peluang yang ada dengan menerapkan Digital Marketing berjalan dengan lancar terlihat dari antusias dan termotivasinya peserta dalam mengikuti kegiatan; 2) Beras yang sudah memiliki merek sendiri, sehingga konsumen dan masyarakat lebih mudah untuk mengenali produk beras dan dedak padi dari desa Banjarsari; dan 3) Selain itu para petani juga sudah memiliki pelanggan di luar kota karena mempromosikan produk beras tersebut ke sosial media sehingga menambah segmentasi pasar mereka serta meningkatkan pendapatan para petani.
Keywords
Digital Marketing; Merek; Petani; Produksi Pangan Beras
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)
References
M. C. B. Umanailo, “Ketahanan Pangan Lokal dan Diversifikasi Konsumsi Masyarakat (Studi pada Masyarakat Desa Waimangit Kabupaten Buru),” SOCA J. Sos. Ekon. Pertan., vol. 12, no. 1, pp. 63–74, 2018, doi: 10.24843/soca.2018.v12.i01.p05.
I. Khomah and R. U. Fajarningsih, “Peningkatan Kualitas Pangan Rumah Tangga,” J. Dianmas, vol. 5, no. 2, pp. 81–90, 2016.
A. Nasution, B. Krisnamurthi, and D. Rachmina, “Analisis Permintaan Pangan Rumah Tangga Penerima Manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kota Bogor,” Forum Agribisnis, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.29244/fagb.10.1.1-10.
A. Raksanagara, N. Arisanti, and F. Rinawan, “Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kejadian Demam Berdarah Di Jawa-Barat,” J. Sist. Kesehat., vol. 1, no. 1, pp. 43–47, 2016, doi: 10.24198/jsk.v1i1.10339.
O. Putryana and A. Marlina, “Implementasi Kebijakan RTRW pada Zonasi Fungsi Ruang di Lingkungan Sekitar Pasar Silir Semanggi Pasca Alih Fungsi Lahan Implementation of RTRW on Zoning of Space Function in Environment around Silir Semanggi Market Post-Transfer of Land Function,” Reqion J. Pembang. Wil. dan Perenc. Partisipatif, vol. 14, no. 1, pp. 80–95, 2019.
M. Ariani, “Dinamika Konsumsi Beras, Jagung, dan Kedelai Mendukung Swasembada Pangan,” Badan Penelit. dan Pengemb. Pertan., 2015, [Online]. Available: www.litbang.pertanian.go.id.
Sumarno and J. R. Hidayat, “Perluasan Areal Padi Gogo sebagai Pilihan untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional,” Iptek Tanam. Pangan, vol. 2, no. 1, pp. 26–40, 2015.
DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v2i01.1226
Article Metrics
Abstract view : 1046 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 674 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Tujuan dari Pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan para petani di desa Banjarsari mengenai merek dan membantu mengembangkan pangsa pasar dalam mengenalkan produk beras dengan menerapkan Digital Marketing dengan memanfaatkan teknologi. Pengabdian ini ditujukan kepada masyarakat (petani) di desa Banjarsari. Solusi yang ditawarkan adalah 1) Memberikan sosialisasi bagi masyarakat di desa Banjarsari mengenai kondisi perilaku konsumen di masa pandemi agar dapat menyikapi kondisi dan memanfaatkan peluang yang ada; 2) sosialisasi mengenai pentingnya merek sebagai identitas suatu produk sehingga dapat digunakan sebagai media pemasaran secara offline maupun online; dan 3) membuat desain merek dan produksi cetak kemasan serta memberikan pelatihan Digital Marketing sehingga akses penjualan semakin meningkat. Hasil dari kegiatan ini adalah 1) sosialisasi dan penyuluhan terkait pengetahuan mengenai kondisi dan perilaku konsumen di masa pandemi serta memanfaatkan peluang yang ada dengan menerapkan Digital Marketing berjalan dengan lancar terlihat dari antusias dan termotivasinya peserta dalam mengikuti kegiatan; 2) Beras yang sudah memiliki merek sendiri, sehingga konsumen dan masyarakat lebih mudah untuk mengenali produk beras dan dedak padi dari desa Banjarsari; dan 3) Selain itu para petani juga sudah memiliki pelanggan di luar kota karena mempromosikan produk beras tersebut ke sosial media sehingga menambah segmentasi pasar mereka serta meningkatkan pendapatan para petani.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
M. C. B. Umanailo, “Ketahanan Pangan Lokal dan Diversifikasi Konsumsi Masyarakat (Studi pada Masyarakat Desa Waimangit Kabupaten Buru),” SOCA J. Sos. Ekon. Pertan., vol. 12, no. 1, pp. 63–74, 2018, doi: 10.24843/soca.2018.v12.i01.p05.
I. Khomah and R. U. Fajarningsih, “Peningkatan Kualitas Pangan Rumah Tangga,” J. Dianmas, vol. 5, no. 2, pp. 81–90, 2016.
A. Nasution, B. Krisnamurthi, and D. Rachmina, “Analisis Permintaan Pangan Rumah Tangga Penerima Manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kota Bogor,” Forum Agribisnis, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.29244/fagb.10.1.1-10.
A. Raksanagara, N. Arisanti, and F. Rinawan, “Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kejadian Demam Berdarah Di Jawa-Barat,” J. Sist. Kesehat., vol. 1, no. 1, pp. 43–47, 2016, doi: 10.24198/jsk.v1i1.10339.
O. Putryana and A. Marlina, “Implementasi Kebijakan RTRW pada Zonasi Fungsi Ruang di Lingkungan Sekitar Pasar Silir Semanggi Pasca Alih Fungsi Lahan Implementation of RTRW on Zoning of Space Function in Environment around Silir Semanggi Market Post-Transfer of Land Function,” Reqion J. Pembang. Wil. dan Perenc. Partisipatif, vol. 14, no. 1, pp. 80–95, 2019.
M. Ariani, “Dinamika Konsumsi Beras, Jagung, dan Kedelai Mendukung Swasembada Pangan,” Badan Penelit. dan Pengemb. Pertan., 2015, [Online]. Available: www.litbang.pertanian.go.id.
Sumarno and J. R. Hidayat, “Perluasan Areal Padi Gogo sebagai Pilihan untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional,” Iptek Tanam. Pangan, vol. 2, no. 1, pp. 26–40, 2015.
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License