Pengaruh Pola Kepemimpinan Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi (Studi Kasus : Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pringsewu)

Hendri Afanto, Ahiruddin Ahiruddin, Bovie Kawulusan

Abstract


Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pringsewu dalam menjalankan roda organisasinya menemui masalah yang berkaitan dengan kinerja, hal ini ditunjukkan dengan belum maksimalnya pencapaian target sasaran sebagaimana yang telah direncanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kinerja organisasi. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh pola kepemimpinan dan iklim organisasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja organisasi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 33 orang pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis uji meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana dan berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pola kepemimpinan  secara parsial  berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi dengan kontribusi sebesar 73,9 persen.  Iklim organisasi  berpengaruh positif  terhadap kinerja organisasi dengan kontribusi sebesar 62,9 persen. Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa promosi jabatan dan pola kepemimpinan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi dengan kontribusi sebesar 74,1 persen, sedangkan sisanya sebesar 25,9 persen merupakan variasi variabel lain di luar penelitian ini.


Keywords


Pola Kepemimpinan; Iklim Organisasi; Kinerja Organisasi

References


Chaerudin, A., Rani, I. H., & Alicia, V. (2020). Sumber daya manusia: pilar utama kegiatan operasional organisasi.

Desima, C. P. (2019). Profesionalisme Kerja Kepala Seksi Setelah Mengikuti Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Eselon Iv Pola Baru Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 42–49.

Haqiqi, M. R. (2018). Komunikasi organisasi Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Surabaya dalam membangun kedekatan emosional dan solidaritas pengurus.

Josiah, T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Organisasi Pada Badan Penyelenggara Korpri Provinsi Lampung. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, 59–68.

Nirmalasari, L. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Kautsar Utama Bandung. Jurnal Study and Management Research, 53–66.

Normi, S., & Salim, S. R. A. (2018). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Iklim Orgaisasi Terhadap Kinerja Organisasi Pada Univesitas Methodist Indonesia Medan.

Qori, H. I. L. A. (2013). Kepemimpinan karismatik versus kepemimpinan transformasional. Jurnal Analisa, 70–77.

Sitepu, E. (2019). Kepemimpinan Kristen Di Dalam Gereja. Jurnal Pendidikan Religius, 7–11.

Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian, 2735–2742.

Wanggol, A., Hasyim, A. M., & Janiar, U. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Iklim Organisasi Terhadap Semangat Kerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen, 166–177.




DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v3i1.2233

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.