Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kredit Perumahan pada PT. Griya Bina Mitra di Pesawaran

Hujaimatul Fauziah, Meilinda Safitri, Destiyawan Destiyawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kredit Perumahan pada PT. Griya Bina Mitra di Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini calon konsumen PT. Griya Bina Mitra sebanyak 23 calon konsumen. Hasil pengujian hipotesis pengaruh strategi promosi (X) terhadap keputusan pembelian (Y) menunjukan bahwa Nilai thitung sebesar 6.670 dan nilai ttabel sebesar 1.725. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya strategi promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian PT. Griya Bina Mitra di Bandar Lampung. kontribusi (R2) sebesar 0.679 artinya sebesar 67,9% variasi perubahan variabel penjualan keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh variabel strategi promosi sedangkan sisanya sebesar 32,1% lagi dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini.

Keywords


Calon Konsumen; Keputusan Pembelian Kredit; Perumahan; Promosi Penjualan

References


Azizah, S. (2017). Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Rumah Tipe 36 Pada PT Usratu Busri Kota Pontianak. Jurnal Manajemen Motivasi, 12(3), 780. https://doi.org/10.29406/jmm.v12i3.460

Budiyanto, T., Kojo, C., & Tawas, H. N. (2016). Strategi Promosi, Kualitas Produk, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Mereferensikan Rumah Pada Puri Camar Liwas Pt. Camar Sapta Ganda. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 488–500.

Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i2.981

Dengah, S., Rumate, V., & Niode, A. (2014). Analisis Pengaruh Pendapatan Perkapita Dan Jumlah Penduduk Terhadap Permintaan Perumahan Kota Manado Tahun 2003-2012. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 14(3), 71–81. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/5463/4970

Ediati, T. (2014). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Perumahan Di Surakarta. Widya Ganeswara, 24(1), 23–32.

Faruq, M. A., & Usman, I. (2014). Penyusunan Strategi Bisnis Dan Strategi Operasi Usaha Kecil Dan Menengah Pada Perusahaan Konveksi Scissors Di Surabaya. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 7(3), 173–198. https://doi.org/10.20473/jmtt.v7i3.2710

Fitriyah, Z., & Adiwaty, M. R. (2020). Keterkaitan Beberapa Variabel Terhadap Pembelian Ulang. Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu …, 3(2), 63–76. http://sasanti.or.id/ojs/index.php/jda/article/view/56

Hakim, A. K., & Pramudana, K. A. S. (2017). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN DI PT. BANYUMAS DENPASAR. Prosiding Seminar Nasional AIMI, 90–103.

Hapsari, O. E., & Prianto, K. (2016). Peningkatan Kualitas Permukiman Dengan Pendekatan Disain pada Bantaran Sungai Mergan di Kelurahan Kebonsari, Malang. EMARA: Indonesian Journal of Architecture, 2(2), 78–85. https://doi.org/10.29080/emara.v2i2.27

Hasan, H. (2019). Pemanfaatan Sistem Informasi Dalam Proses Pemasaran Perumahan Ampernas Dowora Residance. JURASIK (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer), 1(1), 32–36. http://ejournal.stmik-tm.ac.id/index.php/jurasik/article/view/5

Hikmatiar, M., Saepuloh, U., & Aziz, A. (2018). Manajemen Komunikasi Pemasaran dalam Menjalin Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 47–69. https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/view/585/99

Jimmy, P., & Mustamu, R. H. (2015). Analisis Strategi Pada Perusahaan Plastik Dengan Porter Five Forces. Agora, 3(1), 736–741. https://media.neliti.com/media/publications/36308-ID-analisis-strategi-pada-perusahaan-plastik-dengan-porter-five-forces.pdf

Kurnianingsih, W., & Sugiyanto, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HUMANIS, 510–524.

Kusumastuti, D. (2015). Kajian Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberian Subsidi Di Sektor Perumahan. Yustisia Jurnal Hukum, 4(3), 541–557. https://doi.org/10.20961/yustisia.v93i0.3682

Lubis, R. M. O., & Pathuansyah, Y. (2021). Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi Pada PT. Nato Jaya Grup Padangsidimpuan. Jurnal ESTUPRO, 6(2), 106–116. https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/view/738%0Ahttps://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/download/738/563

Muntahanah, M., Toyib, R., & Ansyori, M. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra). Pseudocode, 4(1), 81–89. https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.1.81-89

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325

Rahman, M. A. (2020). Penerapan Metode Rough Set Dalam Memprediksi Penjualan Perumahan (Studi Kasus Di PT. Anugerah

Pasadena Pekanbaru). Fakultas Teknik Ilmu Komputer, 14(2), 324–355. http://www.nostarch.com/javascriptforkids%0Ahttp://www.investopedia.com/terms/i/in_specie.asp%0Ahttp://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/35612/1/Trabajo de Titulacion.pdf%0Ahttps://educacion.gob.ec/wp-content/uploads/downloads/2019/01/GUIA-METODOL

Rate, P. Van, Tumbel, A., & Memah, D. (2015). Analisis Strategi Promosi, Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Citraland Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1263–1273. https://doi.org/10.35794/emba.v3i1.8285

Sudigdo, A. (2016). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PERUMAHAN BUKIT AZ-ZIKRASENTUL. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 18(2), 121–130.

Sulistiani, D. (2014). ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PERUSAHAAN DALAM MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS. El-QUDWAH.

Triana, E. (2019). Analisa Sistem Pendistribusian Produk Jadi di PT. Perkebunan Nusantara V Riau dengan menggunakan Metode SWOT. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7, 220–225.

Tumbel, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank BTPN Mitra Usaha Rakyat Cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 3(1), 64–79.

Utami, A. B., Hamid, F. Z., & S, M. O. (2015). Pengaruh Harga, Pendapatan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di D’Kranji Residence Tahap II Bekasi Barat. Epigram, 12(2), 92–98. http://jurnal.pnj.ac.id/index.php/epigram/article/view/720

Wijayanti, H., & Handayani, C. M. S. (2015). Pengaruh Lokasi, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Surodinawan Grandsite Pada Pt.Dwi Mulya Jaya Mojokerto. Majalah Ekonomi, 20(1), 109–123.

Yusra, I., & Saputra, A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Membeli Rumah (Studi Kasus di Komplek Perumahan Indah, Aceh Besar). Journal of Engineering Science, 5(1). http://www.jurnal.uui.ac.id/index.php/jengs/article/viewFile/1358/681




DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v1i1.1446

Article Metrics

Abstract view : 381 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.